Alasan Kenapa Windows Membutuhkan Antivirus??

Alasan Kenapa Windows Membutuhkan Antivirus??

0

Alasan Kenapa Windows Membutuhkan Antivirus??

Ketika seseorang mendengar kata Antivirus, ia berpikir kalau tidak membutuhkannya karena dia sudah berhati-hati ketika menggunakan komputer. Apakah kamu tipe seseorang yang seperti itu? Kalau iya, maka hilangkan pikiran itu dari kamu. Karena sebenarnyanya Antivirus itu penting walaupun kamu sudah berhati-hati. Windows lebih rentan terkena virus daripada sistem operasi lainnya, mungkin kamu sudah mengetahui alasannya karena WinPoin telah mengulasnya beberapa saat lalu. Berikut ini beberapa alasan dari WinPoin kenapa Windows membutuhkan Antivirus.

 

Malware dari Browser

Alasan Kenapa Windows Membutuhkan Antivirus??

Banyak orang berpikir kalau malware akan menyerang komputer dengan mendownload file, menjalankan software yang tidak terpercaya, mengunjungi situs yang tidak terpercaya dan menjalankan plugin java di browser. Itu memang benar, namun itu bukan satu-satunya cara malware bisa menyerang komputer.

Di Amerika ada sebuah acara yang mengundang para konstentan untuk menemukan cela atau bug yang berada dalam Chrome, Firefox, IE atau Adobe Flash dengan imbalan uang sebagai gantinya. Setelah beberapa cela atau bug itu ditemukan, tentu perusahaan dari masing-masing software tersebut akan segera membenahi bug atau cela tersebut sehingga tidak dimanfaatkan oleh para hacker. Namun pasti ada cela atau bug yang baru dalam setiap software tersebut.

Bisa kita simpulkan, komputer kamu bisa terinfeksi malware hanya dengan mengunjungi sebuah situs dengan browser. Bahkan ketika kamu mengunjungi situs yang terpercaya sekalipun.

 

Antivirus adalah Perlindungan Terakhir

Alasan Kenapa Windows Membutuhkan Antivirus??

Antivirus adalah perlindungan terakhir untuk komputer kamu. Jika sebuah situs menggunakan sebuah cela atau bug dari browser yang kamu gunakan untuk menyusupkan malware, keylogger, trojan, rootkits atau segala macam hal buruk lainnya. Akhir-akhir ini hal ini sering terjadi, cara ini digunakan oleh para orang jahat untuk mendapatkan data-data keuangan. Antivirus adalah lapisan terakhir dari perlindungan kamu untuk tidak membiarkan orang-orang jahat melakukannya.

 

Antivirus Memperlambat Kinerja Komputer?

Alasan Kenapa Windows Membutuhkan Antivirus??

Beberapa orang berpendapat kalau antivirus akan memperlambat kinerja komputer, ini memang benar tetapi itu dulu. Norton dan McAfee adalah antivirus yang terkenal memperlambat komputer. Ini dikarenakan kedua antivirus tersebut menggunakan proses yang rumit, plus ditambah lagi menawarkan pemberitahuan pop-up untuk membeli produknya dan tentu ini mengganggu sekali. Namun dijaman sekarang, antivirus tidak seperti itu lagi. Ada juga antivirus gratis yang dibuat oleh Microsoft seperti Microsoft Security Essentials untuk Windows 7 dan Windows Defender untuk Windows 8. Kedua Antivirus ini benar-benar menyediakan perlindungan gratis. Tidak akan *terlalu* memperlambat kinerja komputer kamu dan tidak mengeluarkan pop-up yang menyuruh kamu untuk membeli sesuatu.

Kedua antivirus ini adalah cara yang sangat mudah untuk meningkatkan keamanan kamu. Sekarang, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan atau mengaktifkan antivirus di komputer kamu.

 

Tidak ada Antivirus yang Sempurna

Sebuah antivirus adalah satu lapisan dari keamanan sebuah komputer, tidak ada antivirus yang sempurna dalam melindungi komputer. Walaupun kamu seudah berhati-hati dan bahkan sudah menggunakan antivirus, masih ada kemungkinan komputer kamu terinfeksi malware. Tetapi paling tidak kamu bisa menemukan dan menghapus malware tersebut dengan bantuan dari antivirus.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.