Algoritma Windows Store Dirombak Total — Inilah 12 Efek yang Bakal Kamu...

Algoritma Windows Store Dirombak Total — Inilah 12 Efek yang Bakal Kamu Rasakan

23

Algoritma Windows Store Dirombak Total — Inilah 12 Efek yang Bakal Kamu Rasakan

Menjelang dirilisnya Windows 10 ini Microsoft memang banyak berbenah, salah satunya merombak total algoritma listing dan pencarian di Windows Store.

Meskipun kedengarannya sederhana, tetapi perubahan algoritma listing dan pencarian ini memiliki efek yang cukup besar terhadap experience kita saat menggunakan Windows Store.

Berikut ini adalah beberapa efek yang bakal kamu rasakan setelah perubahan algoritma listing dan pencarian ini:

 

12. Semakin Mudah Menemukan yang Kamu Inginkan

Algoritma Windows Store Dirombak Total — Inilah 12 Efek yang Bakal Kamu Rasakan

Hasil pencarian kini dioptimasi untuk menampilkan apps, games, movies, dan music yang lebih relevan dengan apa yang kamu cari — bukan lagi hasil pencarian umum seperti sebelumnya.

Hasil yang ditampilkan juga dibuat lebih relevan lagi dengan melibatkan popularitas, rating, review, keyword, dan total dowload dari konten yang ada di Store.

Alhasil kamu bisa lebih mudah mendapatkan apa yang kamu cari di Windows Store.

 

11. Lebih Aman dari Apps Palsu dan Abal-abal

Salah satu permasalahan di Windows Store yang sempat mencuat adalah banyaknya apps palsu dan abal-abal yang nangkring disana. Para geek mungkin tidak akan mudah tertipu, tetapi pemula menjadi sasaran empuk dari apps palsu yang harganya cukup mahal tersebut.

Dengan algoritma pencarian baru yang melibatkan banyak hal untuk dijadikan poin (rating, review, popularitas, keyword, hingga total download), maka apps palsu dan abal-abal bakal lebih jarang muncul di pencarian. Bahkan apps abal-abal seperti ini mungkin bakal terpendam dalam di urutan bawah.

Hasilnya pengguna bakal lebih aman dari modus penipuan melalui apps palsu tersebut.

 

10. Beberapa Fitur Hilang Sementara

Algoritma Windows Store Dirombak Total — Inilah 12 Efek yang Bakal Kamu Rasakan

Update algoritma listing dan pencarian ini membuat beberapa fitur di Windows Store dihilangkan untuk sementara. Salah satu fitur yang hilang adalah Top Grossing, sehingga Windows Store saat ini hanya akan menampilkan Top Free, Top Paid, Best Rated, dan New and Rising saja.

Namun kedepannya fitur ini akan dimunculkan lagi seiring dengan pengembangan selanjutnya.

 

9. URL Web Store Baru

Sebelumnya aplikasi di web store bakal memiliki root URL windows.microsoft.com dan www.windowsphone.com, kini semuanya telah teredirect ke apps.microsoft.com untuk selanjutnya akan diredirect ke halaman apps tersebut di web store yang baru.

Tetapi sayang rupanya belum semua apps teredirect ke web store baru ini, terbukti beberapa apps masih ada yang tidak ditemukan. Mungkin proses migrasi apps ke web store baru juga belum 100% selesai.

 

8. Tidak Bisa Install Apps Windows Phone dari Web Store

Saat ini kamu tidak bisa menginstall apps Windows Phone melalui web store di PC. Untuk menginstallnya kamu harus melakukannya langsung dari device Windows Phone kamu.

 

7. Muncul Double Apps Jika Tidak Login

Jika tidak login ke Windows Store, maka kamu akan mungkin mendapati duplicate apps — satu apps untuk Windows PC dan satu apps untuk Windows Phone.

Tetapi jika kamu login maka apps akan tampil sesuai dengan device yang kamu gunakan.

 

6. Apps Version, Last Update, dan Device Compatibility Hilang

Di halaman aplikasi untuk saat ini kamu tidak akan mendapatkan detail Apps Version, Last Update, dan Device Compatibility. Namun detail ini bakal ditambahkan seiring dengan pengembangan Windows Store selanjutnya.

 

5. Lebih Mudah Melihat Review dan Menilai Kualitas Apps

Kini Review bakal ditampilkan dengan urutan berbeda. Review yang mendapatkan vote helpful paling banyak bakal berada di urutan atas. Kamu bahkan bisa memfilter rating berdasarkan star rating, most helpful, newest, highest-rated, dan lowest-rated.

Hasilnya kamu bisa melihat rating dan menilai kualitas apps berdasarkan rating yang sudah ada dengan lebih mudah.

 

4. Unified Rating

Untuk saat ini rating apps bakal bercampuir menjadi satu, baik itu dari Windows Phone, Windows 8.x, bahkan juga Windows 10. Namun kedepannya rating bakal ditampilkan sesuai dengan device pengguna.

Jadi katakanlah pengguna menggunakan Windows Phone, maka rating yang tampil adalah rating dari pengguna Windows Phone juga.

 

3. Rating dan Review dari Windows 10 Preview Sebelum 15 Juli Dihapus

Untuk menjaga agar tetap obyektif, maka semua rating dan review yang dikirimkan melalui Windows 10 Preview sebelum 15 Juli sudah dihapus. Ini untuk menghilangkan rating jelek suatu apps yang disebabkan karena ketidakpuasan akibat Windows 10 Preview yang masih memiliki cukup banyak bugs saat itu.

 

2. Developer: Apps Kamu Bisa Kehilangan Posisi Ranking

Jika kamu adalah developer apps, maka pastikan kamu evaluasi lagi keyword dan deskripsi apps kamu di Windows Store.

Jika keyword dan deskripsi apps kamu kurang tepat dan relevan, maka apps tersebut bisa kehilangan posisi ranking sehingga sulit ditemukan pengguna.

Popularitas apps kamu pun berpotensi untuk turun dari waktu ke waktu karena semakin kehilangan poin yang diperlukan untuk meningkatkan ranking.

Untuk itu cek apps buatan kamu sekarang juga.

 

1. Developer: Windows Phone Screenshot Auto-Rotation Tidak Ada Lagi

Di Windows Phone Dev Center sebelumnya kamu bisa mensubmit screenshot vertikal dan Dev Center akan otomatis merotasinya sesuai orientasi foto tersebut. Kini fitur auto-rotate ini hilang, jadi kamu harus mengupload ulang foto yang sudah kamu rotate di software image editor sebelumnya.

Jika tidak screenshot aplikasi kamu bakal tetap miring vertikal seperti ini.

Algoritma Windows Store Dirombak Total — Inilah 12 Efek yang Bakal Kamu Rasakan
Itulah 12 efek yang bakal kamu rasakan di perubahan Windows Store saat ini. Beberapa efek ada yang membuat lebih baik, dan beberapa efek ada yang seolah menghilangkan fitur yang sudah baik.

Tetapi Microsoft menyatakan bahwa fitur-fitur bagus yang hilang tersebut tidaklah dihilangkan permanen, tetapi bakal dikembalikan lagi seiring dengan semakin sempurnanya algoritma dan pengembangan di Windows Store.

via microsoft

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.