Apa itu Borland Database Engine Administrator di Windows?

Apa itu Borland Database Engine Administrator di Windows?

0

Apa itu Borland Database Engine Administrator di Windows?

Beberapa saat yang lalu fans WinPoin ada yang bertanya tentang apa itu BDE Administrator dan untuk apa fungsinya di Windows. Kali ini WinPoin akan menjelaskan apa itu BDE Administrator dan apa fungsinya di Windows. BDE atau Borland Database Engine adalah inti dari Windows database engine dan menghubungkan antara software Borland Delphi, C++Builder, IntraBuilder, Paradox, Visual dBASE ke Windows.

Lalu apa itu Borland Database Engine Administrator? Borland Database Engine Administrator adalah tempat dimana kamu bisa mengatur sistem BDE dan mengatur alias, biasanya BDE Administrator terletak di Control Panel.

Untuk mengatur BDE di Windows 7 kamu memerlukan permission yang ada di Windows Registry. Setelah itu kamu baru bisa mengatur BDE Administrator di Control Panel.

 

Mengatur Permission BDE Administrator di Windows Registry

Pertama-tama buka Start Menu dan ketikkan regedit, tekan Enter.

Setelah itu buka folder atau Keys seperti alamat di bawah ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE

Cari Folder atau Keys Borland, klik kanan dan pilih Permissions…

Kemudian pada group or user name, pilih Users yang kamu gunakan dan ubah Permissions for User dengan Full Control. Klik OK.

Terakhir keluar dari Registry Editor.

 

Mengatur BDE Administrator

Kamu bisa mengakses BDE Administrator dari Control Panel atau di C:Program Files>Common Files>Borland>BDEBDEADMIN.EXE. Ini akan ada di WIndows 7 jika kamu menginstall BDE Administrator.

Setelah kamu membuka BDE Administrator, klik Configuration dan pilih software Native yang akan kamu gunakan, misalkan saja PARADOX. Ubah NET DIR menjadi C:BDEShare atau folder di C: yang kamu buat sendiri.

Apa itu Borland Database Engine Administrator di Windows?

 

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa itu BDE Administrator? Artikel ini juga menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh salah satu fans WinPoin dari Twitter. Semoga membantu teman-teman lain yang mempunyai pertanyaan yang sama.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.