Apa itu Microsoft OneNote dan Apa Fungsinya?

Apa itu Microsoft OneNote dan Apa Fungsinya?

3

Apa itu Microsoft OneNote dan Apa Fungsinya?

Bagi kamu pengguna Microsoft Office, pasti sudah tidak asing lagi dengan Word, PowerPoint, dan Excel. Tetapi bagaimana dengan Microsoft OneNote?

Berawal dari pertanyaan @Leequixote melalui Twitter @WinPoin mengenai apa itu OneNote..Apa manfaat, fungsi serta kelebihannya..di artikel ini WinPoin akan membawa kamu mengenal OneNote dengan lebih dekat.

 

Apa itu OneNote?

Microsoft OneNote adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana kamu bisa menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja.

Berbeda dari Microsoft Word, di OneNote kamu bisa menulis dan meletakkan apapun di tempat manapun yang kamu suka. Hampir sama seperti saat mencorat-coret di kertas, di OneNote kamu juga bebas untuk meletakkan elemen catatan.

 

Dimana Bisa Menemukan OneNote?

OneNote menjadi bagian dari paket Microsoft Office dan juga disediakan secara gratis di Office Web App. Sayangnya OneNote gratis di Office Web App memiliki fitur yang minim seperti dihilangkannya menu Draw, dsb. OneNote juga tersedia untuk platform mobile seperti iOS, Android, Windows Phone dan Symbian.

 

Apa Manfaat OneNote?

Seperti halnya buku catatan, OneNote bisa kamu gunakan untuk menulis apa saja. Misalnya saja:

  • Menulis To do List
  • Mencatat Ide
  • Membuat Project Plan
  • Menulis Resep
  • Mencatat Shopping List
  • Mengkomentari Desain
  • Menulis Quick Notes
  • dan sebagainya..

Kapanpun kamu memerlukan catatan, atau ingin mencatat sesuatu secara digital, kamu bisa melakukannya di OneNote.

 

Apa Kelebihan OneNote?

Dari sekian banyak software untuk mencatat sesuatu, OneNote memiliki beberapa kelebihan seperti:

Terintegrasi dengan Microsoft Office

Kamu bisa memasukkan berbagai dokumen Office lain seperti Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook kedalam OneNote. Kemudian kamu bisa mengkomentari, menambahkan catatan, atau mencorat-coret sesuai keperluan.

Bisa Memasukkan Apa Saja Dimana Saja

Kamu bisa menambahkan checklist, gambar, dokumen office, catatan, tulisan tangan, coretan, screenshot, highlighter (stabilo), data, grafik, audio, dan berbagai elemen lainnya. Posisi meletakkan elemen tersebut juga tidak dibatasi oleh area, artinya kamu bisa meletakkannya di area manapun yang kamu inginkan.

Sinkronisasi dengan SkyDrive

OneNote khususnya di versi Office 2013 sudah otomatis tersinkronisasi dengan SkyDrive. Dengan begitu dokumen kamu akan tersimpan secara online dan bisa diakses dimanapun.

Mudah dalam Berkolaborasi dan Berbagi Catatan

Dokumen OneNote (notebooks) bisa dibagikan dengan rekan kerja atau teman melalui menu share yang telah disediakan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja dan menyelesaikan catatan secara bersama-sama.

 

Apa Kekurangan OneNote?

Dari segi fitur dan kemudahan, OneNote hampir tidak memiliki kekurangan. Software ini menjadi software pencatat dengan fitur yang paling lengkap.

Salah satu kekurangan OneNote adalah harganya yang mahal. Satu aplikasi OneNote dijual dengan harga $69.99 dan menjadi bagian dari paket Microsoft Office dimana paket termurahnya dijual dengan harga $139.99.

Selain itu OneNote bakal lebih termanfaatkan dengan baik jika pengguna memiliki layar touchscreen atau pen drive. Jika hanya menggunakan mouse, cukup sulit untuk bisa menulis tulisan tangan atau mencorat-coret di OneNote.

 

Pemanfaatan OneNote oleh WinPoin

WinPoin memanfaatkan OneNote untuk mencatat setiap planning dan juga to do list. Berbagai koreksi desain dsb juga WinPoin catat di aplikasi tersebut.

Apa itu Microsoft OneNote dan Apa Fungsinya?

 

 

Apa itu Microsoft OneNote dan Apa Fungsinya?

Kalau kamu?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Muhammad Zulfikar

    di windows 8… onenote aplikasi modern gratis…. bahkan tanpa kekurangan :)

    • Febian

      yup bener banget..barusan kucoba ternyata tools OneNote Modern Apss sangat lengkap, hanya saja minim menu export y? jd tidak bisa di save di PC lokal..hanya bs di save di skydrive scr otomatis..CMIIW

  • keren dan sangat bermanfaat gan..

    Blog Personal Untuk Mahasiswa