Apa itu OEM? #WinExplain

Apa itu OEM? #WinExplain

2

Apa itu OEM?

Mungkin kamu sering mendapati istilah OEM seperti Windows OEM, Nero OEM, dan sebagainya tetapi belum mengerti artinya. OEM adalah kependekan dari Original Equipment Manufacturer, yang artinya merupakan produk atau komponen yang dibeli oleh perusahaan lain dan dijual atas nama brand pembeli tersebut.

Kita ambil saja Windows sebagai contohnya. Windows merupakan OS yang dibuat oleh Microsoft, lalu dibeli lisensinya oleh Dell, HP, Toshiba, Samsung, dll. Kemudian Dell, HP, Toshiba, Samsung, dll menjual laptop mereka yang berisi Windows secara bundle. Dalam kasus ini Windows tersebut merupakan Windows versi OEM, karena telah dibeli oleh perusahaan dan dijual dengan brand perusahaan tersebut secara bundle.

Contohnya lagi ketika kamu membeli DVD-Rom dan mendapatkan CD Nero didalamnya, maka Nero tersebut adalah software OEM. Software yang dibuat oleh perusahaan tertentu dan dibundling dengan printer, scanner, kamera digital, dsb juga merupakan software OEM.

Nah, sekarang tidak bingung lagi khan dengan pengertian OEM? Jika masih ada yang pertanyaan seputar OEM silahkan langsung bertanya melalui Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Makasin infonya, jadi jelas sekarang si EOM itu siapa hehehe….

    • Febian

      hihihihi..siip sama2 :D