Apa itu Overclocking? Mari Memahami Overclocking Lebih Dekat

Apa itu Overclocking? Mari Memahami Overclocking Lebih Dekat

2

Apa itu Overclocking? Mari Memahai Overclocking Lebih Dekat

Kamu pernah dengan tentang overclocking komputer? Entah dari majalah, teman ataupun di suatu tempat dimanapun kamu berada, tetapi apa kamu tahu apa itu Overclocking? Overclocking adalah tindakan untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasa dilakukan untuk CPU atau GPU, tapi komponen lain juga bisa dilakukan overclocking.

Meningkatkan sebuah clock rate dari komponen akan membuat prosesnya berjalan lebih cepat dari biasanya, tetapi juga menghasilkan panas yang luar biasa. Overclocking dapat membuat komputer kamu berjalan lebih cepat daribiasanya namun kamu memerlukan pendinginan yang super dan perawatan yang rutin. Kali ini WinPoin akan membahas secara detail tentang overclocking di artikel #WinExplain.

 

Apa itu Overclocking?

Diatas sudah WinPoin singgung sedikit tentang apa itu overclocking, tetapi akan WinPoin bahas lebih detail lagi disini. Komputer CPU yang kamu gunakan, telah dirancang oleh perusahaan tersebut dengan kecepatan maksimum tertentu. Jika kamu menjalankan CPU dengan kecepatan lebih tinggi dengan pendinginan yang tepat, maka komputer kamu akan bekerja tanpa masalah.

Tidak hanya terbatas untuk meningkatkan kecepatan CPU, kamu juga bisa mengatur untuk meningkatkan kecepatan CPU dengan pengaturan tinggi clock rate atau multiplier pada BIOS, memaksanya bekerja lebih keras perdetiknya.

Hal ini akan membuat komputer CPU kamu bekerja lebih cepat, tetapi akan ada komponen yang menghasilkan panas luar biasa dan membutuhkan pendinginan yang tepat. Jika kamu tidak memberikan pengaturan pendinginan yang tepat, salah satu komponen komputer akan menjadi rusak, tidak stabil atau sistem operasi akan melakukan restart.

 

Dapatkah Kamu Melakukan Overclock?

Jawabannya tergantung motherboard yang kamu gunakan, kebanyakan motherboard Intel CPU dipasarkan dengan locked multiplier, sehingga mencegah kamu untuk melakukan pengubahan nilai dan overclocking. Tetapi Intel juga menyediakan motherboard Intel CPU yang khusus untuk overclocking, yaitu Extreme Edition dengan CPU unlocked multiplier.

Apa itu Overclocking? Mari Memahai Overclocking Lebih Dekat

Jika kamu ingin membuat PC gaming yang cepat dan kuat maka kamu harus siap membangung pendinginan dengan ait atau water colling system. Dengan begini komponen atau hardware yang kamu overclock akan lebih terkendali sehingga tidak akan terjadi overheat. Jika kamu membeli PC standatr, kamu mungkin tidak bisa bermain-main tentang overclocking dengannya.

 

Apa Untungnya Overclocking?

Keuntungan overclocking sudah jelas, kalau komputer kamu akan berjalan lebih cepat dari biasanya. Tetapi nampaknya overclocking sudah tidak diperlukan lagi dengan semakin berkembangnya teknologi. Sebagai contoh ketika komputer yang menggunakan hardisk biasa di overclock, kemampuannya masih kalah dengan komputer biasa yang menggunakan hardisk SSD. Tetapi sebaliknya, jika kamu melakukan overclock pada komputer yang menggunakan hardisk SSD maka peningkatan performa akan terlihat.

Bagi penggemar Game atau Gamers yang ingin hardware komputer mereka berjalan lebih cepat dengan menggunakan teknik overclock, nampaknya sekarang CPU modern sudah tidak memerlukan itu lagi. CPU modern yang menggunakan graphic card cepat tidak akan ada pengaruhnya ketika menggunakan teknik overclock.

 

Bagaimana Cara Overclocking?

Setiap komputer memiliki cara yang berbeda dan setiap motherboard memiliki setting BIOS yang berbeda. Sangat tidak mungkin untuk membuat pandugan untuk melakukan overclocking untuk semua orang. Tapi WinPoin akan memberikan dasar-dasarnya saja.

Pastikan Kamu Memiliki System Pendingin – Komputer CPU yang kamu miliki dipasarkan beserta pendingin dan kipas atau fan dari pabrikannya, dengan desain untuk menghentikan panas yang dihasilkan oleh kecepatan CPU standart. Jika kecepatan CPU ditambah, otomatis panasnya juga akan bertambah maka dari itu kamu harus menambahkan pendinginan. Penambahan pendinginan biasanya bisa dalam bentuk pendingin aftermarket untuk menghilangkan panas atau kipas CPU yang lebih kuat untuk mengiup udara panas pergi. Tentu ini juga membutuhkan ruang yang besar di komputer kamu, sehingga udara tidak tetap tinggal di dalam.

Gunakan Water Colling System – Hardcore overclocking mungkin membutuhkam water colling system, yang tentu lebih mahal harganya. Pendingin berbasis air akan dipompa berjalan, dimana radiator mengusir udara panas keluar. Pendingin air jauh lebih efisien daripada pendingin air.

Apa itu Overclocking? Mari Memahai Overclocking Lebih Dekat

Overclock BIOS – Kamu juga bisa masuk ke BIOS komputer dan meningkatkan clock rate CPU atau voltage. Tingkatkan sedikit demi sedikit dan booting ke komputer kamu, jika sistem stabil dengan menjalankan bencmark seperti software Prime95 untuk mengetahui penggunaan dan suhu komputer agar pengaturan pendinginan kamu tepat. Dengan meningkatkan setting BIOS sedikit demi sedikit sampai komputer tidak stabil dan mengharuskan kamu untuk ke setting BIOS tingkat stabil akan sangat efektif ketimbang mengaturnya dengan jumlah yang besar.

 

Apa Kekurangan Overclocking?

Ketika kamu melakukan overclock terhadap komputer CPU yang kamu miliki, kamu melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kamu lakukan, ini akan membuat garansi komputer kamu tidak berlaku. Panas komputer CPU kamu juga akan meningkat dengan pendingin yang tidak tepat atau overclock terlalu banyak, mungkin akan membuat CPU rusak secara permanen.

Apa itu Overclocking? Mari Memahai Overclocking Lebih Dekat

Kegagalan hardware dalam overclock adalah hal yang biasa terjadi, tetapi kebanyakan yang terjadi pada overclock mengakibatkan komputer berjalan tidak stabil. CPU yang tidak stabil akan membuat kesalahan sistem dan komputer akan melakukan restart.

Jika kamu melakukan overclock BIOS maka kamu harus perlahan-lahan untuk meningkatkan clock rate, sampai dimana tahap stabil menjadi tidak stabil berbanding tipis. Kamu juga harus memastikan kalau pendingin bekerja dengan sempuna, sehingga komponen komputer tetap aman. Dalam beberapa kasus ada komputer yang tidak cukup memiliki ruang CPU sehingga membuat komponen komputer cepat panas, jadi jangan mencoba-coba untuk melakukan overclocking jika komputer kamu demikian.

 

Kesimpulan

Overclocking tidak hanya dapat dilakukan oleh komputer, smartphonepun juga bisa melakukannya. Selain membuat komputer dan smartphone berjalan dengan cepat, kamu juga perlu memeriksa panas yang dihasilkan oleh overclock tadi. Jika kamu tidak memiliki pendinginan yang tepat maka hardware akan cepat rusak atau bahkan meledak.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • kompyutah

    nice info…
    mau nyoba overclocking ah
    *dgn modal nekad XD

  • anonymous

    ” Pendingin air jauh lebih efisien daripada pendingin air. ”
    di judul “Bagaimana Cara Overclocking?”
    lalu di kalimat terakhir pada cara “Gunakan Water Colling System”

    maksudnya apa ya ?? :D