Apa itu svchost.exe?

Apa itu svchost.exe?

0

Apa itu svchost.exe?

Ketika kamu membuka Windows Task Manager pada setiap versi Windows dan melihat proses software yang berjalan, mungkin kamu akan menemukan proses svchost.exe. Padahal kamu tidak menjalankan software yang bernama svchost.exe. Lalu kamu terlalu mengambil kesimpulan dengan cepat bahwa svchost.exe itu adalah virus. Kamu salah besar, lalu apa itu svchost.exe?? Kali ini WinPoin akan membuka #WinExplain agar kamu tidak dengan cepat mengambil kesimpulan didalam sebuah informasi yang disampaikan Windows.

 

Apa itu svchost.exe?

Windows menjalankan service background yang berguna untuk pengguna Windows. Bagi pengguna UNIX atau LINUX service Windows mirim dengan *nix daemon. Untuk sebgaian besar service Windows yang berjalan adlah file .exe, tetapi beberapa diantarnya adalah file DLL. Svchost.exe adalah file DLL yang berjalan yang juga bisa disebut sebagai Generic Host Process untuk service Windows32. svchost.exe berjalan tergantung dari Windows yang kamu gunakan, berikut ini WinPoin akan jelaskan lebih lanjut.

 

Svchost.exe untuk Windows XP

Untuk dapat mengetahui file DLL svchost.exe apa saja yang dijalankan pada Windows XP, kamu bisa melihatnya dengan Command Prompt yang dijalankan dengan Run As Administrator. Berikut ini contoh daftar svchost.exe apa saja yang dijalankan di file DLL.

Untuk melalukan cara diatas, kamu perlu menjalankan Command Prompt sebagai Run as Administrator. Pilih User yang kamu gunakan dan ketikkan password (jika tidak ada password kosongkan saja). Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan cd.. dua kali sampai Command Prompt berada di C:\. Kemudian ketikan tasklist /svc /fi “imagename eq svchost.exe dan tekan Enter.

Apa itu svchost.exe?

 

Svchost.exe untuk Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8

Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 memiliki kemampuan yang lebih fleksibel ketimbang Windows XP. Kamu dapat mengetahui proses yang tengah berjalan pada Windows dengan menggunakan Windows Task Manager. Untuk dapat melihat proses Svchost.exe apa saja yang berjalan, kamu tinggal menggunakan Task Manager dan klik tab Processes.

Apa itu svchost.exe?

Sedangkan untuk Windows 8 kamu klik tab Details. Untuk melihat lebih detail tentang proses svchost.exe, klik kanan pada proses tersebut dan pilih Go to service(s).

Apa itu svchost.exe?

Setelah itu kamu akan dibawa ke service yang berjalan dengan svchost.exe itu.

Apa itu svchost.exe?

 

Informasi Lebih Lanjut Tentang Svchost.exe

Sekarang kamu sudah tahu kalau svchost.exe itu berjalan dengan banyak service, dengan banyaknya service yang dijalankan oleh svchost.exe. Svchost.exe juga di kategorikan dalam beberapa kategori, kelompok-kelompok tersebut ditentukan dalam Windows Registry:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\SVCHOST

Apa itu svchost.exe?

Di bawah ini adalah table berisi dari value-value kelompok tersebut.

Sedangkan untuk service yang lain kamu bisa menemukannya di Windows Registry dengan folder di bawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services

Masing-masing Key memiliki SubKey Parameter yang berisi ServiceDLL yang sesuai dengan yang dijalankan service ini.

 

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahukan apa itu svchost.exe? Singkatnya svchost.exe adalah service yang sangat dibutuhkan oleh Windows dan kamu tidak bisa seenaknya mematikannya sendiri. Jika kamu merasa ada yang aneh mengenai proses service svchost.exe yang berjalan, sebaiknya kamu bertanya atau share di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.