Apa itu Torrent? – Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

Apa itu Torrent? – Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

3

Apa itu Torrent? - Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

Apakah kamu pernah mendengar tentang file torrent? Mungkin setelah mendengar torrent dipikiran kamu langsung bertanya-tanya “Apa itu torrent?” Tenang aja semua itu ada prosesnya, WinPoin dulu juga bingung begitu mendengar teman-teman membicarakan download file dari torrent. Terdengar begitu rumit cara download file lewat torrent. Namun setelah WinPoin tahu ternyata mudah sekali. Kali ini WinPoin bakal membagi ilmu tentang seluk beluk Torrent biar kamu tidak bingung lagi dan bertanya-tanya apa itu torrent.

 

Apa itu Torrent?

Dalam sebuah teknologi berbagi file yang disebut BitTorrent, ada sebuah file bernama torrent yang berisi metadata yang menjelaskan dimana letak file dan dimana folder dibagikan, biasanya ada juga informasi jaringan yang membagikan dan berapa komputer yang ikut berbagi untuk file tersebut. Pada dasarnya file torrent ini berukuran kecil dan bertindak seperti pelacak untuk mendownload file yang sebenarnya. Extensi untuk file torrent biasanya .torrent. Dan untuk mendownload file torrent diperlukan software client uTorrent (untuk Windows) dan Transmission (untuk Mac OS dan Linux).

 

Bagaimana file Torrent Bekerja?

Apa itu Torrent? - Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

Teknologi BitTorrent adalah file peer-to-peer internet sharing, ketika kamu mendownload file dari orang yang berbagi file, orang lain yang mendownload file pun juga akan mendownloadnya dari kamu tidak dari sang pembagi file. Teknologi ini sangat menguntungkan karena tidak membebani server, karena semua orang berfungsi sebagai pengirim dan penerima file.

 

Seeder dan Leecher

Setelah kamu selesai mendownload file torrent, kamu akan berperan sebagai “seeder” dan kamu akan terus mengupload ke teman-teman lainnya. Jika kamu tidak sebagai pengupload dan hanya sebagai pendownload maka kamu disebut “leecher.”

 

Cara Download Torrent

Sebenarnya cara mendownload torrent sangat mudah sekali, kamu hanya memerlukan software client dari BiTorrent seperti uTorrent (untuk Windows) dan Transmission (untuk Mac OS dan Linux). Setidaknya kedua software yang WinPoin sebutkan itu berjalan baik di sistem operasi masing-masing. Sedikit catatan dari WinPoin, saat menginstall uTorrent akan ada Ask Toolbar yang meminta diinstall jadi harap berhati-hati.

Karena teknologi BitTorrent sering disalah gunakan untuk seseorang untuk membagikan file bajakan, termasuk maraknya situs bajakan dengan menggunakan torrent. Perlu kamu ketahui kalau file torrent juga berbahaya untuk didownload, tidak semua file torrent aman jadi kamu harus memeriksanya dengan antivirus.

Kembali lagi ke cara mendownload torrent, setelah kamu menginstall salah satu software client dan sudah menemukan link download. Copykan link tersebut ke client BitTorent dan tinggal download.

Berikut ini cara download dari torrent dengan menggunakan uTorrent.

 

Buka uTorrent setelah itu klik File, disini kamu bisa memilih menggunakan file torrent, menggunakan link atau menggunakan device. Karena WinPoin menemukan torrent dengan link maka pilih Add Torrent from URL..

Apa itu Torrent? - Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

 

Setelah itu masukkan URL torrent dan klik OK.

Apa itu Torrent? - Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

 

Kemudian pilih tempat penyimpanan file torrent yang kamu download.

Apa itu Torrent? - Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

 

Terakhir tunggu proses download file torrent hingga usai, kecepatan download torrent sesuai dengan kecepatan download internet yang kamu peroleh.

Apa itu Torrent? - Mengenal Lebih Dalam Tentang Torrent

 

Sekarang kamu sudah mengerti bukan tentang file torrent dan cara menggunakannya? Untuk kamu yang masih belum paham dengan torrent, kamu bisa bertanya melalui Facebook Fanspage dan Akun Twitter WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • arif

    web mantap !!

  • rudi

    maksudnya add torent from URL apa?

    • biasanya di sediakan oleh situs torrentnya, tinggal di copy paste biasanya iconnya magnet.