Apa Pentingnya Backup Data? 7 Alasan Kenapa Backup itu Penting

Apa Pentingnya Backup Data? 7 Alasan Kenapa Backup itu Penting

1

Apa Pentingnya Backup Data? 7 Alasan Kenapa Backup itu Penting

Hari ini adalah hari backup sedunia, dan WinPoin sangat menyarankan kamu untuk membackup data penting kamu sekarang juga! Tetapi mungkin beberapa diantara kamu masih bertanya-tanya, apa sih pentingnya backup data? Khan data kita sudah tersimpan di hardisk? Lagipula hardisku khan masih baru, jadi ngapain pake backup segala? Buang-buang waktu aja!

Hmmm..jika kamu masih memiliki keraguan akan pentingnya backup, berikut ini WinPoin berikan 7 alasan kenapa backup itu penting.

 

Waktu sangatlah berharga

Berbicara mengenai data, berarti berbicara mengenai waktu. Sebuah data, walaupun terkadang berukuran 100kb saja, nilainya bisa setara dengan puluhan bahkan ratusan jam kerja.

Contohnya saja jika kamu adalah Mahasiswa yang sedang mengerjakan laporan skripsi. Bayangkan seperti ini, kamu sudah mengerjakan skripsi kamu dengan susah payah selama ratusan jam. Duduk di depan komputer, sambil berpikir, mengedit, mengetik, dsb.

Lalu setelah ratusan jam perjuangan, hardisk kamu tiba-tiba rusak dan dokumen skripsi kamu hilang. Maka itu artinya kamu tidak hanya kehilangan dokumen yang hanya berukuran beberapa MB saja, tetapi telah kehilangan ratusan jam waktu yang telah kamu habiskan untuk mengerjakannya.

Melakukan backup secara rutin mungkin memang akan memakan waktu, tetapi kehilangan ratusan jam kerja keras kamu jauh lebih buang-buang waktu daripada melakukan backup yang seringkali hanya berlangsung dalam beberapa jam saja.

 

Kerja keras sangatlah berharga

Hampir sama dengan waktu, kerja keras juga sangatlah berharga. Biasanya, data penting dihasilkan dengan upaya yang tidak sedikit. Berpikir, merangkum, mengetik, dsb. Semuanya butuh upaya dan pemikiran yang besar. Kehilangan data tersebut bisa berarti kehilangan upaya dan kerja keras kamu selama ini.

 

Uang sangatlah berharga

Berbicara dari segi bisnis, data identik dengan pendapatan, biaya, dan semuanya itu adalah uang. Kehilangan data penting bisa berarti kehilangan peluang bisnis, data rekan bisnis, prospek usaha, bahkan kehilangan kepercayaan dari atasan.

 

Hardisk bisa rusak kapan saja

Ingatlah pesan WinPoin ini:

Membeli hardisk baru adalah membeli hardisk yang akan rusak.

Memang, dengan teknologi secanggih sekarang, komponen komputer termasuk hardisk bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Tetapi hal itu tidak menjamin bahwa hardisk baru tidak akan memiliki masalah.

Berbagai hal seperti kesalahan produksi, kondisi cuaca, goncangan, kestabilan listrik, dll. bisa membuat hardisk kamu rusak sebelum waktunya. Bisa jadi tahun depan, bulan depan, minggu depan, atau besok.

Jadi sebelum kamu kehilangan data penting kamu karena hal tersebut, melakukan proses backup adalah keputusan yang bijak.

 

Virus ada dimana-mana

Tidak jarang virus yang bekerja dengan menghapus atau merusak berbagai data dengan ekstensi tertentu, misalnya saja virus Blackmal yang mampu menghapus sekitar 11 ekstensi file di hardisk.

Karena banyaknya pengguna, Windows menjadi sasaran utama dari para pembuat virus. Oleh karena itu, membackup data merupakan langkah yang penting untuk mengamankan data dari serangan virus penghapus file semacam ini.

 

Bencana bisa datang kapan saja

Walaupun kita selalu berharap tidak ada bencana apapun yang menimpa kita, namun berbagai bencana seperi kebakaran, banjir, gempa bumi, dsb. tidak bisa kita prediksi kedatangannya. Banjir yang sering hadir di Jakarta misalnya, bisa jadi merusak komputer dan berbagai komponen di dalamnya, termasuk hardisk.

Jika sampai komputer rusak karena bencana, dan kita sama sekali belum melakukan backup, maka kehilangan data penting akan menambah besarnya kerugian kita.

 

Pencurian bisa terjadi kepada siapa saja

Walaupun kita tidak pernah menginginkannya, resiko pencurian bisa menyerang kepada siapa saja. Tidak menutup kemungkinan laptop atau komputer kita akan hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika hal itu terjadi, paling tidak data penting kita tidak ikut hilang karena kita telah rajin melakukan backup sebelumnya.

Itulah ke-7 alasan yang menurut WinPoin membuat proses backup begitu penting untuk dilakukan.

 

Masih berpikir bahwa proses backup buang-buang waktu?

Pikirkan berapa waktu, kerja keras, biaya, dan berbagai kerugian yang akan kamu dapatkan dengan hilangnya data penting. WinPoin jamin kerugian kamu karena kehilangan berbagai data penting tersebut akan jauh lebih besar daripada waktu yang kamu habiskan untuk backup data secara rutin.

 

Masih malas untuk melakukan backup?

Tidak ada alasan untuk malas melakukan backup, karena membackup data tidaklah sulit, bahkan bisa dilakukan secara otomatis. Caranya? WinPoin akan jelaskan caranya di artikel WinPoin selanjutnya. Stay tuned, guys! ;)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • asd

    (Y)