Apa Sih Sebenarnya “RT” dalam Windows RT?

Apa Sih Sebenarnya “RT” dalam Windows RT?

2

Apa Sih Sebenarnya “RT” dalam Windows RT?

Ketika mendengar Windows RT, pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti atau kepanjangan dari “RT”? Pastinya RT tersebut bukanlah Rukun Tetangga seperti yang biasa kita ketahui. Hehe. Secara Official Microsoft memang tidak memberikan penjelasan apapun seputar arti “RT” di dalam Windows RT. Tetapi dari analisa WinPoin, penamaan RT ini memiliki arti..atau setidaknya dilatar belakangi oleh suatu hal.

Saat pengembangan Windows 8, Microsoft ingin menambahkan sebuah tampilan dan environtment baru. Mereka mengembangkan environtment baru tersebut dengan menggunakan sekumpulan tools yang dikenal sebagai Windows Runtime, atau yang disingkat WinRT. WinRT memungkinkan software developer untuk mengembangkan aplikasi yang bisa berjalan di komputer dengan processor “tradisional” (desktop dan laptop) serta di device dengan processor ARM (smartphone dan tablet).

Akhirnya hadirlah Windows 8 yang bisa berjalan di environtment desktop dan environtment baru (modern). Nah..untuk device yang menggunakan processor ARM saja, maka ada versi Windows 8 khusus yang hanya menyediakan environtment modern saja yaitu Windows RT.

Meskipun secara official Microsoft tidak menjelaskan apa itu RT di Windows RT, tetapi WinPoin menganggap bahwa RT adalah kependekan dari Runtime. Jadi Windows RT adalah Windows yang menggunakan framework Windows Runtime/WinRT.

Namun sayang sekali ternyata Windows RT ini kurang begitu laku di pasaran, bahkan cenderung mengecewakan. Tidak heran jika akhirnya muncul kabar bahwa Windows RT akan segera dihapus dari daftar OS Microsoft.

Sebelum Windows RT dirilis, Microsoft juga pernah beberapa kali mengeluarkan versi Windows yang menggunakan akronim, seperti:

Windows NT – Banyak yang mengira NT adalah Network, tetapi ternyata NT adalah New Technology.
Windows CE – Beberapa orang mengira CE adalah Consumer Edition atau Compact Edition. Tetapi menurut Microsoft, CE bukanlah sebuah kependekan, melainkan menggambarkan persepsi di Windows CE yang “compact, Connectable, Compatible, Companion, dan Efficient”.
Windows XP – Yup, artinya memang Windows Experience.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • joko

    Windows ME = Mistake Edition.

  • Kampret Lue

    Windows ME = Many Error