Apakah Ini Saat yang Tepat Membeli Lumia 950?

Apakah Ini Saat yang Tepat Membeli Lumia 950?

0

wp_20161025_08_43_02_pro

Ketika menonton Microsoft Event bertajuk Imagine what you’ll do semalam, saya bersorak dalam hati (tengah malam woii..), karena meskipun belum ada kabar terbaru terkait perangkat mistis, Surface Phone, Microsoft mengumumkan sesuatu yang sangat keren, yaitu tersedianya Windows 10 Creators Update pada awal 2017 mendatang! Mengapa ini menggembirakan? Karena dengan tidak adanya pengumuman perangkat baru, sudah pasti berbagai fitur keren pada Windows 10 Creators Update yang berfokus pada ‘produktivitas mencipta’, dengan highlight utama adalah mengubah konten 3D ke 2D dan sebaliknya, tentu saja akan diperuntukkan bagi perangkat yang lebih lama. Microsoft memang punya kebiasaan buruk tidak memberikan update ke perangkat lama tertentu yang dirasa tidak memadai, tapi tentu saja dengan tidak adanya perangkat baru, maka Lumia 950 dan Lumia 950 XL masih akan mendapatkan update tersebut! *Catatan: Kamu bahkan bisa menyaksikan perangkat Lumia 950/XL dan HP Elite X3 melakukan berbagai demo keren dengan update terbaru semalam.

Ini kabar gembira bagi saya yang baru saja membeli sebuah perangkat Lumia 950! Dan dari sini saya berpikir: Apakah ini saat yang tepat untuk membeli Lumia 950? (Tentu saja Lumia 950 XL juga)

 

Kisah Beberapa Minggu yang Lalu

wp_20161027_12_17_22_pro

Saya sudah lama merencanakan ingin membeli ponsel baru dan waktu tepatnya adalah pada bulan November. Seorang penerjemah kolega saya pernah berkata: “Salah satu hal yang mengasyikkan dari profesi penerjemah adalah Kita bisa membeli gadget yang kita inginkan, dengan alasan bahwa perangkat tersebut dibutuhkan untuk pekerjaan kita” [dan keluarga atau pasangan kita akan percaya begitu saja tanpa mencap kita boros dan sebagainya. Hahaha..]

Sebelumnya saya memang sempat mempertimbangkan OS lain dengan alasan simpel: Sekedar ingin mencoba merasakan bagaimana menggunakan OS lain yang kelihatan ‘keren’ dan ‘canggih’. Namun semakin dekat waktu saya untuk menetapkan pilihan, beberapa kejadian yang menjadikan saya ragu.

Teman kerja saya pengguna smartphone yang disebut-sebut terbaik saat ini: Samsung Galaxy S7. Sejak dia membeli perangkat tersebut, sudah ketiga kalinya dia mereset perangkat karena ketidakcocokan atau merasa perangkatnya melambat. Teman saya yang satu lagi harus rutin mengganti ROM Mi 3 miliknya karena entah kenapa selalu ada fungsi atau fitur yang tidak kompatibel setelah beberapa waktu berlalu. Terakhir dia kesulitan menerima email, padahal email dan Skype adalah ‘nyawa’ di pekerjaan saya ini. Boss saya menggunakan iPhone 6 Plus, dan saya menyaksikan sendiri dia sering berjuang dengan konektivitas. Kolega dan keluarganya kadang kesulitan menelepon, terutama jika dia berada dalam ruangan, sementara saya santai menerima telepon di Lumia 535. Belum lagi fakta bahwa dari iOS kita tidak dapat dengan santai mengirim atau menerima serta mengelola file jika kebetulan berada di perjalanan. Semua ini jadi bahan pertimbangan saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk ‘main aman’. Saya sudah sangat familiar dengan Windows Phone / Windows Mobile 10. Pekerjaan saya banyak tergantung pada kemampuan email dan Skype, serta saya dapat mengelola file saya di ponsel dalam situasi darurat.

Dan bagaikan panggilan jodoh, beberapa hari lalu saya mendapati di kota saya ada yang menjual Lumia 950 lengkap beserta display dock-nya dengan harga cukup miring dan garansi hingga Juni 2017. Setelah memeriksa detail semua fungsi dan keadaannya, langsung saya akuisisi tanpa ragu!

 

Masih pantaskah bersaing dengan Flagship smartphone modern?

cvlpdlbuaaaw9ku

Saya yakin banyak teman-teman sesama penggemar Microsoft di sini yang hafal di luar kepala spesifikasi Lumia 950, tapi akan saya kutipkan dari GSMArena untuk menyegarkan kembali.

specs

Di atas kertas, Lumia 950 masih sangat layak untuk menjadi flagship tahun ini! Prosesornya hanya berselisih dua generasi dari Qualcomm Snapdragon 820/821 dan yang lebih penting lagi: Dalam pemakaian sehari-hari mampu menangani Windows Mobile 10 secara optimal!

Banyak yang bilang tampilannya tidak terkesan premium, dan mungkin kamu bisa menjustifikasi hal tersebut dari foto-fotonya yang terkesan tidak se-wah smartphone generasi baru yang mengusung tren aluminium dan gelas. Bahkan berjajar dengan Lumia lama, terkesan desainnya lebih inferior.

20161025_093831

Tapi percayalah, semua tidak seperti yang terlihat. Terutama jika kamu memegang sendiri dan menatap layarnya yang super jernih dan bening memanjakan mata. Saya sering memegang Galaxy Note 5 dan Galaxy S7 yang tenar karena kejernihan layarnya, dan menurut saya Lumia 950 memiliki kualitas layar yang setingkat atau bahkan sedikit lebih baik. Sangat nyaman untuk dilihat dengan warna-warna yang tajam dan mempesona!

Kualitas audio mungkin menjadi salah satu tumit Achilles bagi Lumia 950. Dengan earset terpasang, mungkin selisih kualitas suara yang dihasilkan hanya berselisih sedikit atau sama dengan Lumia 1020, akan tetapi kualitas speakernya memang agak di bawah. Suara yang dihasilkan keras, tapi tidak dengan pengaturan range suara yang baik dan menyenangkan.

Continuum? Tidak diragukan lagi ini adalah fitur unik yang masih hanya dimiliki oleh perangkat Windows Mobile 10, termasuk Lumia 950! Selain itu dengan meledaknya Galaxy Note 7 hingga hilang ke antariksa, Lumia 950 (dan 950 XL) menjadi satu-satunya perangkat yang mengaplikasikan teknologi keamanan retina scan!

20161026_135114

 

Kesimpulan

Mungkin ini adalah saat yang terbaik untuk membeli Lumia 950 (dan Lumia 950 XL)! Perangkat istimewa dengan harga yang terus turun, ditambah lagi banyak pemilik yang melepaskan perangkat ini di pasar barang second dengan harga murah. Oya, jangan lupa syarat dan ketentuan berlaku: Kamu haruslah seorang penggemar Windows Mobile 10 yang tidak begitu peduli dengan gaya hidup berbasis aplikasi!

Manfaat yang kamu dapat? Seperti kita saksikan di acara Microsoft tersebut, Microsoft masih memberikan update keren ke Windows Mobile 10! Untuk penggemar teknologi, apa yang ditawarkan Microsoft ini cukup menantang dan menggugah minat! Belum lagi Lumia 950 dengan Windows Mobile 10 Anniversary Update saat ini berada di titik yang lumayan matang! Saya hampir tidak pernah menemui masalah terkait operasional, konektivitas yang tetap mumpuni, serta… bukan rahasia lagi.. Salah satu kamera ponsel terbaik di dunia!

PS: Artikel ini hanya pembuka karena beberapa minggu ini mungkin saya akan bertubi-tubi menerbitkan artikel dan video yang mengulas tips dan trik Lumia 950! Ini dipersembahkan bagi kamu semua: para pembaca Winpoin yang selalu kami sayangi!

59516920_p0_master1200

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta