#WinExplain: Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

#WinExplain: Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

11

Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

Sambungan kabel yang menggunakan kabel Ethernet pada dasarnya lebih cepat dan koneksi yang stabil dibandingan dengan Wi-Fi. Tapi sekarang hardware Wi-Fi modern telah berkembang, kabel Ethernet modern juga mampu memiliki kecepatan yang lebih dari sebelumnya.

Tapi pernahkah kamu berpikir kalau jaringan internet kabel dirumah kamu lebih lambat dari yang lain? Atau kamu pernah mengirim file bergiga-giga dengan kabel LAN memiliki kecepatan yang berbeda-beda setiap waktunya? Berikut ini WinPoin akan membahas, ada perbedaan diantara kabel LAN yang kamu gunakan, dengan mengupgrade kabel LAN maka kamu akan membuat jaringan local bertambah cepat.

 

Jenis-Jenis Kabel LAN

Kamu baru saja membeli kabel Ethernet atau kamu menggunakan kabel Ethernet yang dibundle dengan modem router? Mungkin kamu akan langsung memakainya tanpa kawatir itu akan berpengaruh atau tidak pada jaringan kamu.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata kabel Ethernet itu memiliki banyak jenis, meskipun fungsi utamanya hanya untuk menghubungkan jaringan saja. Pada kabel Ethernet mungkin kamu akan melihat tulisan Cat-5 atau Cat-5e dan mungkin kamu berpikir itu tidak memiliki arti, tapi sebaliknya itu adalah bagian terpenting kalau kamu ingin mengganti atau membeli kabel LAN.

Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

Ketika kamu membeli kabel Ethernet itu tidaklah sekedar kabel LAN. Kabel memiliki standar, dibagi menjadi beberapa kategori. Sebagai contoh, “Category 5,” “Category 5e,” “Category 6,” dan seterusnya. Kadang kategori tersebut disingkat hanya “Cat-5,” “Cat-5e,” “Cat-6,” dan sebagainya. Jenis kabel dengan angka yang lebih tinggi memiliki standar baru dan tentu itu kompatibel dengan device saat ini. Yang membedakan dari semua jenis kabel tersebut hanyalah pada kecepatan yang lebih mendukung device modern. Jenis konektor tetap sama, sehingga kabel Cat-6 bisa dipasang ke device yang mendukung kabel Cat-5e.

Berikut ini table perbedaan antara kabel Cat-5, Cat-5e, Cat-6, dan Cat-6a. Setiap jenis baru memiliki standar baru yang lebih cepat dari sebelumnya dan mengurangi crosstalk, yang membantu kamu meningkatkan kecepatan, bahkan jika kabel tersebut panjang. Ada jenis baru dari kabel seperti Cat-7 dan Cat-7a, tapi tidak cocok untuk digunakan jaringan rumah.

Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

 

Apakah Kamu Harus Upgrade Kabel Sekarang??

Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

Kenyataannya kabel Cat-5e mampu mencapai kecepatan hingga 1 Gb/s yang sudah cukup untuk koneksi internet kamu. Mungkin sekarang kamu tidak menggunakan kecepatan Internet Gigabit, jadi kamu tidak akan melihat banyak perbedaan ketika kamu mengganti kabel Cat-5e dengan Cat-6. Tapi jika kamu sering mengirim file di komputer dengan jaringan local, upgrade akan sangat membantu. Dan jika kamu benar-benar ingin mengganti kabel untuk jaringan rumah, kamu bisa menggunakan kabel Cat-6 dibandingkan Cat-5e.

Kategori 5 (Cat-5) dan Kategori 5 enhanced (Cat-5e) sebenarnya adalah kabel yang sama. Tidak ada yang berubah secara fisik, hanya saja kabel Cat-5e diuji lebih ketat untuk memastikan kurangnya crosstalk (gangguan listrik). Dengan kata lain, kabel Cat-5 bisa diubah sendiri ke Cat-5e.

Kabel Cat-6 dan Cat-6a lebih menarik lagi berbeda dengan kabel Cat-5 dan Cat-5e. Jika kamu memiliki router modern dan device Ethernet modern, kamu bisa mendapatkan kecepatan hingga 10 Gb/s dari 1Gb/s dengan menggunakan kabel Cat-6 atau Cat-6a. Tapi hardware harus mendukung itu, jika tidak maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali kualitas kabel yang baik. Jika kamu memasang kabel Cat-6 pada device lama kamu, mungkin kamu tidak akan mendapatkan kecepatan penuh.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kabel yang Kamu Gunakan?

Kebanyakan kabel, kamu bisa melihat kabel itu sendiri dan menemukan label yang tercetak pada permukaannya. Sedangkan kabel Cat-6 umumnya lebih tebal dari kabel Cat-5e dan kurang fleksibel. Ini adalah cara termudah untuk mengetahui jenis kabel yang kamu gunakan.

Apakah Semua Kabel LAN Sama? dan Apakah Itu Mempengaruhi Kecepatan?

 

Orang-orang tidak benar-benar peduli, kabel Ethernet apa yang sedang mereka gunakan, apakah itu Cat-5e atau Cat-6. Koneksi internet lambat dan menggunakan kabel Cat-6 bukanlah solusinya. Cat-6 memang bisa membuat lebih cepat untuk mengirim file ke jaringan local, tapi provider internet itu sendiri masih harus berperan.

Jika kamu sering mengirim file antar jaringan, kabel Cat-6 mungkin akan benar-benar membantu. Sayangnya di Indonesia kecepatan internet 1Gbps masih sulit didapatkan, kalaupun itu ada, maka harganya akan sangat mahal.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • dulunya saya kira semua kbel LAN itu sama, lalu saya bertanya pada diri saya sendiri, kenapa setiap lan ada nama dengan angka yg tidak jelas maksudnya

    • sekarang kan udah tau :D

      • berkat postingan ini saya jadi lebih tau lagi

        • wow mantab, thanks om :D
          *btw maap emailnya blm kekirim, draft nya blm selesai gara2 molor >.<

          pokoknya kita kabari kl dah kirim email :D

          • oh gpp kok om, saya maklumin
            orang yg sudah menikah pastinya sibuk hahaha
            apalgi om juga gk cuman ngurus satu situs ;)

          • wahyu

            harganya itu brpaan klo yng cat 6

          • Rahmad Dhani

            10ribu eceran meter
            an.. lumayan ngocek gan

  • ahmad ary

    udah kelas 2 smk baru tau sekarang perbedaanya, makasih om….

  • Surya Guntur

    Maknyus.. mantap bener…

  • elJatawe

    Akhirnya terjawab sudah pertanyaanku selama ini, hehehe