Apakah Windows Leak Merugikan atau Malah Menguntungkan Microsoft? #Tanya

Apakah Windows Leak Merugikan atau Malah Menguntungkan Microsoft? #Tanya

3

Apakah Windows Leak Merugikan atau Malah Menguntungkan Microsoft? #Tanya

Berbagai info bahkan installer Windows yang bocor ke publik sebelum perilisan resminya (leak) sering kita temui akhir-akhir ini. Ya..memang sejak pengembangan Windoiws 8, leak seolah sudah menjadi hal yang biasa bahkan sangat kita tunggu kehadirannya. Kita sudah terbiasa mengetahui tampilan dan fitur terbaru Windows, bahkan mencobanya secara langsung sebelum masa perilisan resminya.

Kita masih sangat ingat dengan leak Windows 8 dan Windows RT di awal-awal pengembangannya. Sang Leaker Alex Kibkalo pun akhirnya ditangkap karena membocorkan rahasia Microsoft ke publik. Lalu setelah itu muncul juga berbagai leak Windows 8.1 hingga beberapa build. Disusul juga dengan munculnya leak Windows 8.1 Update yang ternyata merupakan file MSU resmi Official Microsoft.

Kemunculan leak tersebut membuat kita menjadi tahu apa fitur yang ada di Windows terbaru, bahkan kita juga bisa mencoba mencicipinya jauh sebelum versi officialnya dirilis. Lalu apakah kemunculan Windows leak ini merugikan atau malah menguntungkan Microsoft..??

Tentu saja ada dua sisi pendapat yang berbeda. Pertama, leak adalah hal yang merugikan. Munculnya Windows leak membuat kompetitor tahu apa terobosan Microsoft di Windows versi selanjutnya dan bisa dengan mudah mengatisipasinya dengan membuat fitur yang serupa atau fitur tandingan di jauh-jauh hari sebelum masa perilisan resminya.

Selain itu jika Windows leak dipegang oleh orang yang salah, maka dia bisa menemukan berbagai celah keamanan sebelum Windows tersebut dirilis dan menyerangnya dengan Zero Day Attack.

Tetapi pendapat kedua, leak adalah hal yang menguntungkan. Kemunculan Windows leak membuat para fans, geek, tech blogger, dan media teknologi lainnya memberitakan tentang fitur barunya. Makin banyak berita yang muncul membuat orang menjadi semakin tertarik, hingga ketika dirilis secara official penjualannya pun langsung terdongkrak.

Selain itu berbagai feedback dari pengguna Windows leak bisa menjadi acuan bagi Microsoft untuk melakukan perbaikan sebelum masa perilisannya. Fitur-fitur yang mungkin tidak disukai atau memiliki bug-bug tertentu bisa diperbaiki sebelum dirilis secara resmi. Hal ini bisa mengurangi kritik dan kekecewaan dari para pembeli Windows nantinya.

Microsoft juga tidak perlu khawatir pengguna merasa asing dengan berbagai fitur di Windows baru tersebut, karena melalui versi leak banyak orang akan langsung familiar karena sudah mencobanya sendiri atau sudah membaca reviewnya dari berbagai blog dan website.

Ya..memang selalu ada dua sisi dari suatu pendapat, baik dan buruk. Tetapi WinPoin ingin tahu apa pendapat kamu tentang kemunculan Windows leak ini, apakah menurutmu merugikan atau malah menguntungkan..?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • win_future

    Plus: User bisa mencoba Windows leak yg kemudian dpt melaporkan ke MSFT jika ada bug.
    Minus: Dianggap menyebar bajakan

  • Yupz, Dengan Mendapat Link Leak yg masih Tahap Develop MS Bisa dpt Feedback Langsung jika ada Bugh yg Signifikan dan +Untuk Kitanya ya Selalu Uptodate

  • Ambrizal Suryadinata

    Perasaan gak ada deh os yang namanya Windoiws 8 :v