5 Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

5 Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

4

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

Menjaga data kamu tetap aman tidaklah sulit, kamu hanya perlu memisahkan data rahasia dari data yang lainnya agar lebih mudah untuk diamanankan. Banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk menjaga file tetap aman, diantaranya ada mengunci file, menyembunyikan file atau enkripsi. Untuk kamu yang lebih suka menggunakan metode enkripsi, kamu tentu membutuhkan aplikasi bantuan.

Berikut ini WinPoin akan membagikan beberapa aplikasi untuk menguncul file atau software enkripsi di Windows. Enkripsi merupakan proses mengamankan informasi yang bisa dibaca secara khusus.

 

VeraCrypt

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

VeraCrypt adalah pengganti dari TrueCrypt, yang pengembangannya dihentikan tahun lalu. Tim Developer menghentikannya karena ada beberapa masalah yang muncul ketika keamanan TrueCrypt dibocorkan. Aplikasi ini hadir secara gratis di Windows, OS X dan Linux. Jika kamu mencari software enkripsi seperti TrueCrypt tapi bukan TrueCrypt, VeraCrypt adalah pilihan yang tepat. VeraCrypt mendukung AES TwoFish dan Serpent enkripsi, mendukung creation of hidden, enkripsi volume dan volume lain. Kode bisa kamu lihat tapi benar-benar menjadi open source. Tools ini juga sedang dikembangkan secara terus-menerus, dengan update keamanan ruitin dan update menurut keinginan developer.

VeraCrypt sangat simpel dan bermanfaat dalam hal enkripsi. Tools ini dapat membuka volume TrueCrypt, dan mengaku kalau memiliki algoritma yang meningkatkan keamanan dan membuatnya sulit untuk di-crack.

 

AxCrypt

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

Berbeda dengan TrueCrypt yang membuat virtual encrypted drive, AxCrypt bekerja dengan file individual. Jadi ketika kamu ingin enkripsi dua file atau lebih, kamu perlu melakukannya secara satu persatu atau kamu kumpulkan terlebih dahulu file-file tersebut menjadi zip. Meskipun terlihat rumit, tapi AxCrypt adalah tool enkripsi Windows yang didesain simpel, efisien dan mudah untuk digunakan.

AxCrypt juga terintegrasi dengan Windows shell, jadi kamu bisa melakukan enkripsi dengan klik kanan pada file yang kamu inginkan. Selain itu ada juga fitur timed yang secara otomatis dekripsi file enkripsi ketika waktu yang kamu atur telah mencapai batasnya. AxCrypt mendukung 128-bit AES enkripsi, menawarkan perlindungan untuk serangan brute force cracking.

 

BitLocker

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

BitLocker adalah aplikasi untuk enkripsi yang hadir secara built-in di Windows Vista, Windows 7 (Ultimate dan Enterprise), Windows 8 (Pro dan Enterprise) dan juga Windows Sever (2008 dan terbaru). Aplikasi ini mendukung AES (128 dan 256-bit) enkripsi, dan bisa digunakan untuk enkripsi seluruh hardisk, baik itu enkripsi volume atau virtual drive yang bisa dibuka dan diakses oleh drive lain di komputer kamu. Mendukung beberapa metode multiple authentication, termasuk password dan PIN, USB key dan teknologi device Trusted Platform Module (TPM) yang menggunakan hardware untuk menghubungkan kunci dengan device.

Saat ini BitLocker terhubung dengan Windows (khususnya Windows 8 Pro) membuatnya mudah di ditemukan banyak orang. Sebagian orang mengatakan ini bagus karena aplikasi enkripsi ini dapat membantu melindungi data mereka jika laptop dicuri atau hardisk masuk ke service.

 

GNU Privacy Guard (GnuPG)

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

GNU Privacy Guard (GnuPG) adalah versi open source dari Pretty Good Privacy (PGP). Meskipun kamu bisa menginstall versi command line, tapi banyak orang yang lebih memilih versi GUI. Semua aplikasi GnuPG mendukung beberapa tipe enkripsi, selain itu juga bisa enkripsi satu file individu, image disk, volume disk atau external disk.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, GnuPG berbasiskan command line yang tersedia secara open source. Banyak di luar sana versi GUI dari aplikasi GnuPG, kalau kamu tertarik dengan gambar di atas, itu merupakan aplikasi Gpg4win.

 

7-Zip

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Windows

7-Zip sebenarnya adalah file archive tapi ia juga memiliki kemampuan lain seperti enkripsi. Bisa melakukan enkripsi file individu maupun volume disk. Kamu bisa memiliki aplikasi enkripsi ini secara gratis, ia juga mendukung 256-bit AES enkripsi. Sebagian besar kode 7-Zip adalah berlisensi GNU LGPL dan bebas untuk dibuka. Mengkompres dan mengenkripsi .7z (atau .zip) sangat mudah dilakukan dan juga lebih aman, kamu dapat mengenkripsi dengan password dan mengdenkripsi secara otomatis ketika diterima oleh orang tertentu. 7-Zip juga terintegrasi dengan Windows shell, jadi kamu dengan mudah mengaksesnya dengan mengklik kanan.

 

Itulah 5 aplikasi enkripsi yang bisa kamu gunakan secara gratis di Windows. Semoga dengan adanya tools di atas bisa membantu kamu dalam mengamankan file, WinPoin merekomendasikan kamu untuk menggunakan VeraCrypt dari 5 pilihan aplikasi enkripsi di atas. Karena aplikasi ini memiliki cara kerja seperti TrueCrypt tapi lebih aman daripada itu.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Dik Taufik Topek

    pake winrar yang dipassword apa sudah aman??

    • aman aja sih, tapi kalo tergantung dari passwordnya juga, kan ada juga tuh software password unlocker RAR

  • bagus fahrudin

    semuanya berfungsi gak di os selain windows ?

    • kecuali AxCrypt sama BitLocker om, semua ada versi Mac OS sama Linuxnya