Awas: 90 Persen Password Mudah Dihack, Ini Dia 10 Cara Mengamankanya!

Awas: 90 Persen Password Mudah Dihack, Ini Dia 10 Cara Mengamankanya!

1

Awas: 90 Persen Password Mudah Dihack, Ini Dia Cara Mengamankanya!

Hari ini adalah Hari Password Sedunia, dan melalui situs utama dari World Password Day kita diingatkan lagi bahwa 90 persen dari seluruh password di dunia ternyata rawan dihack. Lalu bagaimana agar password kita tidak menjadi password yang vulnerable dan mudah untuk dihack? Berikut ini adalah 10 cara mengamankan password agar tidak lagi menjadi vulnerable

Periksa Sebelum Mengubah Password

Sebagian website masih memiliki bug Heartbleed. Sebelum mengubah password di sebuah situs, pastikan dulu situs tersebut sudah kebal terhadap Heartbleed. Jika kamu mengubah password di situs yang masih memiliki bug Heartbleed, maka password kamu beresiko jatuh ke tangan hacker yang mampu memanfaatkan bug tersebut untuk mencuri password dari para pengguna.

Untuk melihat apakah sebuah situs masih memiliki bug Heartbleed atau tidak, gunakan tools dari McAfee ini.

Buatlah Password yang Kuat

Dalam membuat password, buatlah password yang kuat. Caranya adalah:

  • Jangan membuat password dari frasa tunggal (hanya satu kata saja) atau membuat password yang pendek
  • Jangan menggunakan kata yang sebenarnya, masukkan kata lain diantara kata tunggal tersebut hingga menjadi frasa baru yang lebih panjang
  • Variasikan password dengan memasukkan spasi, angka, tanda baca, serta huruf besar kecil di password tersebut
  • Jangan membuat password dari nama, tanggal lahir, alamat rumah, atau sesuatu yang mudah untuk ditebak atau mudah ditemukan informasinya secara online

Dengan melakukan langkah-langkah diatas maka password kamu akan menjadi panjang, bervariasi, susah ditebak, namun tetap mudah untuk diingat.

Buatlah Password yang Berbeda untuk Bank, Email, dan Situs Lainnya

Buatlah masing-masing satu password yang berbeda untuk situs-situs penting seperti email, e-banking, paypal, dsb. Jangan menggunakan satu password yang sama untuk semua situs.

Gunakan Password Manager

Jika kamu bingung dan susah mengingat betapa banyak dan rumit password yang kamu miliki, maka gunakan bantuan password manager. Kamu bisa menggunakan KeePass atau LastPass.

Ubah Password Secara Rutin

Pastikan kamu mengubah password secara rutin, bisa sebulan sekali atau tiga bulan sekali tergantung tingkat kepentingannya. Untuk password paypal, e-banking, dan email, sering-seringlah menggantinya.

Gunakan Two-Factor Authentication

Hampir semua layanan populer kini dilengkapi dengan fitur two-factor authentication. Jika situs e-banking, email, dan berbagai situs penting yang kamu gunakan memiliki fitur ini, maka pastikan kamu memanfaatkan dan menggunakannya. Dengan two-factor authentication kamu akan mendapatkan sms berisi security code setiap akan melakukan login. Orang lain tidak akan bisa login tanpa memiliki security code, meskipun mereka mengetahui password yang kamu gunakan.

Jangan Memasukkan Password di Form yang Salah

Terkadang ini menjadi keteledoran yang cukup berbahaya. Saya pernah melakukannya. Karena terlalu cepat mengetikkan username dan password, saya sampai salah mengetikkan password di kolom username. Alhasil password saya tertulis disana dan beberapa teman di samping kiri kanan saya jadi tahu password tersebut. Jangan sampai hal tersebut kamu lakukan juga, terlebih lagi di tempat umum yang ramai pengunjung. Berhati-hatilah saat memasukkan password dan pastikan kamu memasukkan password di form yang benar.

Jangan Bagikan Password Secara Tertulis

Jika kamu ingin membagikan password kamu ke saudara, teman, atau rekan untuk keperluan tertentu, pastikan kamu tidak membagikannya secara tertulis. Jangan memberikan password melalui SMS, email, atau metode tulis lainnya. Jika memang sangat perlu untuk dibagikan, telepon saja atau katakan secara langsung password tersebut ke orang yang bersangkutan. Jangan lupa jika keperluan tersebut sudah selesai, ganti password kamu dengan password yang baru.

PIN Juga Password!

PIN juga merupakan sebuah password. Jadi gunakan tips-tips password yang bisa diaplikasikan di PIN untuk membuat PIN kamu aman dan sulit ditebak.

Jangan Gunakan Password Ini

Meskipun terlihat aneh, tetapi banyak juga orang yang menggunakan password umum seperti 1234546, qwerty, password, asdfgh, dsb. Menurut penelitian, 79 persen akun menggunakan 500 password yang paling umum dan sering digunakan tersebut. Dan hey..mungkin salah satu akun kamu juga menggunakannya? Segera ubah!

via password day

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Markerov

    nice tentang password manager nya..
    nambah referensi hehehe

    selama ini manfaati google chrome aja buat keep password. that’s why I like Chrome (sebelumnya suka FF)