Awas: Inilah 11 Hal yang Membuat Password Kamu Gampang Dibobol Orang

Awas: Inilah 11 Hal yang Membuat Password Kamu Gampang Dibobol Orang

2

Awas: Inilah 11 Hal yang Membuat Password Kamu Gampang Dibobol Orang

Tahukah kamu bahwa hampir setiap hari ada ribuan akun dihack dan dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Salah satu penyebab jebolnya akun tersebut adalah karena lemahnya password yang digunakan hingga seseorang bisa dengan mudah menembusnya melalui brute force attack atau bahkan dengan hanya sedikit browsing.

Mudahnya password tersebut untuk dibobol seringkali merupakan kelalaian dari si pemilik akun. Mereka melakukan kesalahan yang seharusnya tidak mereka dilakukan.

Berikut ini adalah 11 hal yang bisa membuat password kamu gampang dibobol orang:

 

Password Pendek

Semakin panjang sebuah password, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membobolnya melalui brute force attack. Yup..dengan alasan supaya mudah untuk diingat, seseorang seringkali membuat password yang sangat pendek. Hal ini sangat berbahaya.

Demi keamanan, selalu buat password dengan jumlah karakter 8 keatas. Lebih panjang lebih baik.

 

Kombinasi Password Kurang

Semakin bervariasi kombinasi karakter sebuah password, maka semakin sulit untuk dibobol dan ditebak. Banyak orang menggunakan password yang miskin kombinasi dengan tujuan supaya mudah diingat. Jangan lakukan hal ini.

Pastikan password kamu berisi kombinasi huruf besar, kecil, dan tanda baca secara variatif. Semakin banyak kombinasi semakin baik.

 

Menggunakan Password Sejuta Umat

Berapa banyak dari kita yang menggunakan password 123456, asdfgh, asdf123, dan sebagainya. Ini adalah password sejuta umat yang karena begitu populernya sampai masuk ke database brute force attack. Jika kamu menggunakan password sejuta umat semacam ini, maka resiko akun kamu dibobol orang akan sangat tinggi.

Untuk itu hindari menggunakan password sejuta umat, pastikan pula password kamu tidak menggunakan kata yang ada di kamus secara langsung.

 

Menggunakan Data Diri Sebagai Password

Menggunakan nama, tanggal lahir, tanggal menikah, hari jadian, alamat rumah, nama orang tua, dan berbagai detail data diri lainnya sebagai password memang simple dan mudah diingat. Tetapi ketahuilah ini adalah penyebab banyaknya akun dibobol orang.

Data diri sekarang bisa dengan mudah ditemukan di sosial media semacam Facebook, Twitter, Google Plus, dsb. Jadi bagi kamu yang menggunakan data diri sebagai password akun, ganti password kamu sekarang juga.

 

Password Sama di Semua Akun

Selain menggunakan metode brute force attack, password seringkali dibobol hacker karena mereka berhasil menjebol database salah satu situs. Jika salah satu situs yang kamu gunakan dihack orang, dan password yang kamu gunakan di situs tersebut kamu gunakan juga di situs lainnya, maka sang hacker bisa langsung login di seluruh akun yang kamu miliki.

Untuk itu hindari menggunakan password yang sama di semua akun. Jika itu terlalu sulit dan terlalu banyak, maka setidaknya kamu menggunakan password yang berbeda di akun-akun penting seperti akun bank, paypal, sosial media, dsb.

Untuk akun di layanan yang menurut kamu tidak begitu penting, kamu bisa menggunakan satu password yang sama.

 

Mencatat Password

Ada orang yang mencatat passwordnya di note smartphone, di notepad PC, bahkan di kertas yang ditempel di meja komputer. Tolong jangan lakukan hal ini, berbahaya!

Satu-satunya tempat paling aman untuk mencatat password adalah otak dan ingatan kita. Jika terlalu sulit untuk mengingatnya, silahkan gunakan password manager dan simpan disana. Tetapi jangan pernah menyimpannya di note, notepad, ataupun kertas kerja.

 

Menggunakan Pertanyaan yang Mudah Ditebak

Email dan berbagai akun penting lainnya kebanyakan dilengkapi dengan security question. Ini adalah pertanyaan yang akan diajukan jika kamu lupa dengan password yang kamu gunakan.

Banyak orang menggunakan pertanyaan yang mudah ditebak di security question mereka. Pertanyaan seperti saya lahir di kota mana, siapa nama hewan peliharaan saya, pacar pertama saya, dsb seringkali digunakan.

Guys..percayalah, tidak sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sekarang informasi semacam itu bisa dengan mudah didapatkan melalui sosial media atau dengan sedikit googling. Hasilnya seseorang bisa menggunakannya untuk login ke akun kamu tanpa harus mengetahui password yang kamu gunakan.

Untuk itu pastikan kamu menggunakan security question yang sulit ditebak. Tips nya kamu bisa memberikan pertanyaan yang gak nyambung dengan jawabannya. Contohnya saja jika kamu sangat menyukai produk Toshiba, maka kamu bisa membuat pertanyaan siapa orang yang paling saya cintai, dan di kolom jawaban kamu mengisinya dengan Toshiba.

Dengan begitu kamu tetep mudah mengingatnya karena jawaban security question tersebut adalah brand kesukaan kamu, hanya saja di pertanyaan sedikit diplesetkan untuk mempersulit attacker yang ingin menjebol akun kamu tersebut.

 

Membagikan Password ke Orang Lain

Jangan pernah tunjukkan password kamu ke orang lain, meskipun itu sahabat atau rekan kerja kamu. Ketika seseorang ingin login ke akun kamu dan kamu memang berniat memberikannya, maka gantilah dulu password tersebut dengan password lain.

Setelah selesai urusan tersebut, baru ganti lagi password sementara itu dengan password utama kamu.

 

Menggunakan Password Abadi

Seringkali seseorang menggunakan password yang sama terus menerus, tidak pernah diupdate atau diganti sama sekali.

Jangan melakukan hal ini. Pastikan kamu mengganti password setiap 3 bulan sekali, atau setidaknya setiap 6 bulan sekali.

 

Menggunakan Nama Hewan Peliharaan Sebagai Password

Kesalahan ini sangat sering terjadi. Entah sudah ada berapa banyak akun yang dibobol karena menggunakan nama hewan peliharaan sebagai passwordnya, padahal dia sering sekali mengupload foto hewan peliharaannya di sosial media (serta menuliskan namanya!).

 

Berbagi Akun dengan Pacar

Guys, cinta memang indah. Namun ketika hal itu sudah berakhir bisa jadi cinta tersebut berubah menjadi sebuah kebencian. Tahukah kamu bahwa ratusan ribu akun Facebook yang dihack itu ternyata dibobol oleh mantan pacar si pemilik akun?

Yup..sudah ada ratusan ribu orang yang menjadi korban dari rasa sakit hati dan kecewa sang mantan.

Untuk itu jangan pernah berbagi akun dengan pacar kamu, apapun alasannya.

 

Itulah 11 hal yang membuat password kamu gampang dibobol orang. Pastikan kamu tidak melakukan salah satu diantaranya. Kamu juga bisa membaca tips membuat password yang super kuat ala Microsoft.

Adakah hal-hal lain yang kita lewatkan? Jika ada silahkan ditambahkan melalui kolom komentar dibawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Rudy

    yg terakhir kayaknya pengalaman admin nih
    :p

  • Herdi

    Ane mah ngehafalin code voucher pulsa gan… :D silahkan saja bobol… :D