Awas: Lebih Dari 360 Juta Akun Tercecer di Internet!

Awas: Lebih Dari 360 Juta Akun Tercecer di Internet!

0

Awas: Lebih Dari 360 Juta Akun Tercecer di Internet!

Mungkin inilah kenapa banyak security expert yang menyarankan kamu untuk secara rutin mengganti password. Hold Security baru saja mengadakan penelitian selama tiga minggu dan menemukan lebih dari 360 juta detail akun yang tercecer di internet. Akun-akun ini banyak didapati di forum-forum underground dan diperjualbelikan disana.

Detail akun yang dijual pun cukup lengkap meliputi username, password, dan detail-detail penting lainnya. Sayangnya tidak diketahui dari layanan mana akun tersebut berasal. Hold Security memprediksi akun ini merupakan hasil hacking situs-situs seperti dating (kontak jodoh), lowongan pekerjaan, dsb. Tetapi bukan tidak mungkin juga ini merupakan hasil dari database situs populer yang pernah dibobol hacker, seperti Adobe, Yahoo, dsb.

Banyaknya data akun yang diperjualbelikan di forum underground menunjukkan bahwa hacker saat ini telah berganti strategi. Kini mereka lebih memilih target perusahaan besar dan mencuri database nya daripada menyerang individu per individu.

Bagi kita pemilik akun, satu-satunya hal yang bisa membuat akun kita aman adalah dengan terus mengupdate dan memperbarui password akun kita. Supaya jika akun kita ikut dicuri oleh hacker, password akun tersebut sudah tidak relevan lagi.

via hold security

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.