Bagaimana Cara Mengirim File Berukuran Besar Lewat Email?

Bagaimana Cara Mengirim File Berukuran Besar Lewat Email?

0

Bagaimana Cara Mengirim File Berukuran Besar Lewat Email?

Kebanyakan layanan email dapat mengirimkan attachment sampai 10MB saja, ukuran attachment sangat terbatas sekali. Padahal biasanya, kita disuruh untuk mengirimkan file berukuran lebih dari 10MB, sampai kadang-kadang 100MB. Berikut ini WinPoin memiliki beberapa tips untuk mengirimkan file berukuran besar lewat Email.

Jika kamu menggunakan Gmail atau Outlook, secara otomatis kamu akan dibantu dan mendapatkan sugesti alternatif. Jika kamu menggunakan email client desktop atau layanan lain, mungkin kamu membutuhkan beberapa trik berikut ini.

 

Berapa Maksimal Ukuran File dari Email Attachment?

Seperti yang WinPoin katakan sebelumnya, setiap layanan email memiliki batasan tersendiri dan biasanya 10MB. Beberapa layanan email mungkin memiliki batasan file ukuran attachment kurang dari 10MB. Gmail memungkinkan kamu untuk mengirim file attachment hingga 25MB untuk satu email ke pengguna email Gmail lainnya. Banyak layanan email tidak menerima lebih dari pengiriman file berukuran lebih dari 10MB. Kamu juga harus mengingat bahwa email attachment di encoded MIME yang akan meningkatkan ukuran sebesar 33%. Jadi file berukuran 10MB pada disk kamu akan menjadi 13MB.

 

Gunakan Layanan Cloud Storage

Untuk mengirim file berukuran besar, cara simpelnya adalah dengan menyimpan file atau banyak file yang ingin kamu bagikan dengan layanan cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, atau SkyDrive. Kemudian kamu bisa membagikan link dari layanan cloud storage ke teman kamu agar mereka bisa langsung mendownloadnya.

Bagaimana Cara Mengirim File Berukuran Besar Lewat Email?

Jika kamu menggunakan Gmail atau Outlook, kamu akan langsung terhubung dengan layanan cloud storage dari Google Drive dan SkyDrive untuk layanan email. Hanya tinggal klik tombol Google Drive atau SkyDrive ketika mengirim email dan kamu bisa membagikan file via email.

 

Mengirim Multi-Part Archive

Jika kamu mencari cara yang mudah, kamu bisa menggunakan metode yang satu ini yaitu dengan cara membagi file hingga menjadi banyak bagian. Sebagai contoh, ketika kamu memiliki file berukuran 50MB yang akan dikirim dengan email, kamu bisa membaginya dengan menggunakan WinRar atau 7-Zip, dipecah menjadi 10MB perbagian.

Bagaimana Cara Mengirim File Berukuran Besar Lewat Email?

 

Nah itulah beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengirimkan file berukuran besar lewat email. Bila kamu memiliki metode lain, kamu bisa membagikannya metodenya dengan meninggalkan komentar dibawah.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.