Bahkan Microsoft Mulai Ikut Mengabaikan Pengguna Windows Phone?

Bahkan Microsoft Mulai Ikut Mengabaikan Pengguna Windows Phone?

2

Bahkan Microsoft Mulai Ikut Mengabaikan Pengguna Windows Phone?

Itulah pertanyaan yang banyak muncul akhir-akhir ini. Munculnya pertanyaan tersebut dipicu oleh Microsoft yang beberapa kali merilis aplikasi di platform lain lebih dulu dan baru dihadirkan di WP belakangan. Misalnya saja baru-baru ini mereka merilis Snipp3t – sebuah aplikasi untuk memfollow informasi seputar artis. Bukannya dirilis di Windows Phone, Microsoft malah merilisnya di iOS. Pengguna WP jadi mulai bertanya-tanya: bahkan Microsoft-pun mulai ikut mengabaikan pengguna Windows Phone??

Selain menimbulkan keraguan, hal tersebut juga menimbulkan kemarahan beberapa pengguna WP yang merasa ditelantarkan. Hal ini terlihat dari diskusi yang ada di Reddit AMA Program Manager Snipp3t.

Menanggapi reaksi tersebut program manager Snipp3t Donald Soon melakukan klarifikasi. Dia menjelaskan bahwa Snipp3t adalah project hackanton day, yaitu sebuah project yang dilakukan di waktu luangnya dengan resource yang terbatas. Team Snipp3t menganggap bahwa untuk aplikasi semacam ini, iOS adalah platform terbaik untuk melakukan test market. Oleh karena itu mereka memfokuskan segala resource yang dimiliki untuk merilis Snipp3t versi iOS saja.

Donald Soon juga menjelaskan kalau dibawah CEO Satya Nadella Microsoft sudah tidak lagi Windows sentris, artinya dalam melakukan segala sesuatu mereka tidak lagi harus serba Windows atau mengutamakan Windows. Donald Soon berjanji bahwa jika aplikasi ini diterima dengan baik oleh market, maka bukan tidak mungkin mereka akan mengembangkannya untuk platform lainnya – termasuk WP.

Meskipun klarifikasi tersebut bisa dipahami, namun kelakuan tersebut tetap menyisakan kekecewaan bagi beberapa developer dan pengguna Windows Phone. Beberapa pertanyaan lain pun muncul di benak mereka:

  • Kalau team Microsoft saja ogah untuk develop apps WP dan mempromosikannya, kenapa kita harus berusah payah melakukannya?
  • Kalau team Microsoft saja mengakui jika iOS merupakan platform yang lebih baik untuk memasarkan aplikasi – dan lebih memilih platform tersebut daripada WP, kenapa kita harus susah payah develop dan memasarkan apps di WP?
  • Kalau team Microsoft saja tidak mengutamakan WP, kenapa kita harus melakukannya?

Meskipun Microsoft tidak ingin lagi menjadi Windows sentris, tetapi setidaknya mereka harus menunjukkan bahwa mereka tidak memperlakukan pengguna WP seperti seorang anak tiri. Hal-hal seperti ini memang terlihat simple, tetapi kalau dilakukan terus menerus bisa membuat Microsoft kehilangan kepercayaan dari developer dan konsumennya.

Bagaimana pendapat kamu tentang hal ini?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    kalau memang Microsoft mengabaikan WP user pastinya microsoft tidak akan memberikan update GDR1.. Well jujur saya ya senang Microsoft cepet merilis update ini..:) Minggu lalu aplikasi buatan Micorosoft juga update besar-besaran..

    oh ayolah kita tahu sendiri fitur WP masih kalah jauh sama saingan lain..
    mereka ingin membawa fitur yg kurang ke WP.. mungkin itu yg sekarang menjadi fokus Microsoft..

    CMIIW.. itu hanya pendapat saya saja

  • dwiky

    Nanti app di OS lain udah bagus versi official, di WP serba BETA version dah hadeh