Begini Cara Membuka File Foto DNG

Begini Cara Membuka File Foto DNG

0

Cara Membuka File DNG di Windows

Jenis file RAW saat ini memang ada banyak. Mulai dari yang proprietary sampai yang lebih universal seperti DNG. Karena lebih bersifat universal, DNG ini lebih banyak digunakan sebagai format kamera di perangkat modern, bahkan di format kamera smartphone high-end seperti Lumia 930 ini.

Jika kamu menggunakan Lumia 930, kamu pasti juga sudah cukup familiar dengan format DNG ini. Ya, format yang satu ini bisa dikatakan sebagai format mentah yang belum mengalami proses sama sekali. format ini mampu menampung informasi yang jauh lebih banyak daripada JPG.

Banyak sekali keuntungan jika kamu menggunakan format DNG dibandingkan dengan format JPG. Untuk lebih tepatnya, kamu bisa baca artikel berikut ini -> Tips Fotografi Lumia: Mengapa Kamu Harus Menggunakan Foto DNG di Lumia. Namun ketika kita buka di PC, terkadang masih ada saja Windows yang belum bisa membuka format DNG, baik dari kamera profesional maupun dari kamera smartphone seperti Lumia 930. Solusinya?

Baca juga:  Integrasi Adobe Flash di Windows 8 dan IE10 Jauh Lebih Aman

Tenang, masih ada codec format DNG yang bisa kamu pasang agar Windows bisa membaca file DNG secara alami, maksudnya agar Windows bisa membukanya dengan program apa saja, tanpa harus menggunakan program khusus.

Untuk mengunduh file DNG Codec, unduh dari situs Adobe di sini -> DNG Codec for Windows. Lalu untuk DNG Converter, kamu bisa unduh installernya di sini -> Adobe DNG Converter. Semuanya bisa kamu unduh gratis. Untuk pengguna komputer Mac (tested on OS X El Capitan), format DNG sudah bisa dibuka secara otomatis tanpa menginstall Codec apapun.

Bagaimana? Gampang kan?

DNG Codec for Windows – Gratis

Adobe DNG Converter for Windows – Gratis

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia