Benarkah Sepinya Modern UI Menjadi Penyebab Dimatikannya Firefox Metro?

Benarkah Sepinya Modern UI Menjadi Penyebab Dimatikannya Firefox Metro?

1

Akhirnya Mozilla Mengungkap Alasan Kenapa Mereka Mematikan Firefox Metro

14 Maret kemarin Mozilla memutuskan untuk menghentikan project pengembangan Firefox Metro meskipun versi finalnya belum sempat dirilis. Saat itu poin alasan yang disampaikan Mozilla adalah karena rendahnya penggunaan Firefox Metro. Beberapa orang menganggap bahwa sepinya pengguna Modern UI menjadi alasan mundurnya Mozilla dari pengembangan Firefox Metro.

Namun hari ini mantan developer Firefox, Brian R. Bondy menjelaskan dengan lebih detail alasan kenapa Mozilla memutuskan untuk menghentikan pengembangan Firefox Metro.

Bondy menjelaskan bahwa keputusan ini bukan dikarenakan Modern UI Windows yang bermasalah. Bahkan dia mengatakan kalau Modern UI sangat penting untuk hardware berbasis touchscreen dan sangat yakin bahwa touch hardware kedepannya akan diadopsi oleh banyak pengguna.

Permasalahan utama dimatikannya Firefox Metro adalah karena penggunaannya yang sangat rendah akibat:

  1. Microsoft melarang browser bisa dijalankan di Modern UI kecuali jika browser tersebut dijadikan sebagai browser default Windows. Banyak orang mungkin sudah memiliki Firefox Metro beta namun tidak mengetahuinya dan tidak tahu bagaimana cara menjalankannya.
  2. Microsoft membuat semakin sulit bagi sebuah browser untuk dijadikan sebagai browser default. Sebelum Windows 8, setiap browser bisa memberikan notifikasi apakah kamu ingin menjadikannya sebagai browser default atau tidak. Tetapi sejak Windows 8 proses ini menjadi semakin rumit. Pengguna harus melakukan request terlebih dahulu, lalu memerintahkan Windows untuk menampilkan daftar browser yang ada. Dan itu masih hanya sebatas mengatur HTTP default. Jika ingin mengubah seluruh default browser, seperti HTML dan HTTP, maka pengguna harus membuka control panel, mencari browser tersebut, dan menjadikannya sebagai browser default.

Bondy berharap Microsoft segera memperbaiki dua masalah tersebut. Semakin banyak kompetisi akan membawa kepada produk software yang semakin bagus, dan memiliki software bagus di sebuah platform sangatlah penting. Setiap pengguna modern UI akan dirugikan jika mereka hanya memiliki satu saja pilihan browser Modern UI.

Saat ini Microsoft memang tengah berusaha keras untuk mempopulerkan kembali Internet Explorer di kalangan pengguna Windows. Bahkan mereka mengklaim bahwa IE adalah touch browser terbaik di dunia saat ini.

via Brian Bondy

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Bisa jadi min…
    mungkin Harus diBuat Keunggulan Broswer Metro UI Dari pada Browser desktop :v