Benarkah Windows 10 Preview Disisipi Keylogger..??

Benarkah Windows 10 Preview Disisipi Keylogger..??

2

Benarkah Windows 10 Preview Disisipi Keylogger..??

Inilah pertanyaan yang paling banyak kita terima beberapa waktu terakhir ini. Benarkah Windows 10 disisipi keylogger..??

Pertanyaan tersebut rupanya muncul setelah banyak orang yang membaca salah satu posting dari thehackernews. Disana dijelaskan bahwa Windows 10 Preview telah disisipi keylogger yang akan memata-matai pergerakan kita bahkan mengambil data apapun yang kita ketikkan.

 

Apakah hal ini benar..??

Secara teknis memang benar. Microsoft telah membuat sebuah sistem monitoring dimana mereka akan mempelajari bagaimana cara kita berinteraksi dengan Windows 10 Preview untuk memperbaiki dan meningkatkan fitur Windows 10 agar sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kita.

Fitur apa saja yang kita gunakan dan fitur mana yang tidak memang akan ditracking, tetapi tujuannya adalah untuk mengetahui fitur apa yang benar-benar diperlukan oleh pengguna Windows 10 dan mana yang tidak. Fitur yang digunakan akan dipertahankan dan fitur yang tidak digunakan bisa jadi akan dihilangkan.

Keyword pencarian yang kita ketikkan di fitur search juga mungkin akan disimpan dan diproses. Namun tujuannya adalah untuk meningkatkan fitur autocomplete dan segudang fitur pencarian di Windows 10 nantinya.

 

Bukan Keylogger

Ketika mendengar keylogger mungkin kamu langsung memiliki konotasi yang negatif. Itu adalah software / apps / metode yang sering digunakan oleh seseorang untuk mencuri data-data penting pengguna komputer demi keuntungan pribadinya dan merugikan yang bersangkutan.

Data yang diambil biasanya adalah username, password, detail credit card, detail e-banking dsb.

Begitu data berhasil diambil maka sang attacker akan langsung memanfaatkan demi keuntungan pribadinya yang tentunya membuat sang korban rugi.

Sistem monitoring interaksi pengguna di Windows 10 Preview sangat jauh berbeda dengan itu. Microsoft melakukan monitoring tersebut untuk meningkatkan fitur di Windows 10, yang nantinya tentu akan kembali bermanfaat bagi kita sebagai pengguna OS tersebut.

Data yang diambil juga bukanlah username, password, detail credit card, e-banking, dsb. Microsoft tidak mengambil itu semua dan tidak merugikan kamu secara finansial. Mereka hanya melihat interaksi dan data yang bisa digunakan untuk memperbaiki Windows 10 agar menjadi lebih baik.

 

Keylogger vs Windows Monitoring

Jika disimpulkan maka ada perbedaan yang sangat mendasar antara keylogger dengan tracking yang dilakukan di Windows 10 Preview.

Keylogger:

  • Apakah data diambil: ya
  • Apa yang diambil: ketikan informasi penting seperti username, password, detail credit card, e-banking, dsb.
  • Apakah pengguna dirugikan: ya

Pengambilan data di Windows 10 Preview

  • Apakah data diambil: ya
  • Apa yang diambil: interaksi kita dengan OS, ketikan utk memperbaiki autocomplete, voice utk pengenalan Cortana, feedback, dsb
  • Apakah pengguna dirugikan: tidak

 

Tidak Perlu Takut

Jadi kamu tidak perlu takut menggunakan Windows 10 Preview. Data kamu tidak akan dimanfaatkan oleh Microsoft untuk merugikan kamu, bahkan data ini akan dibuat sebagai acuan dalam mengembangkan Windows 10 agar fiturnya sesuai dengan keinginan dan kenyamanan penggunanya. Aktivitas pengambilan data yang dilakukan oleh Microsoft jauh berbeda dengan aktivitas keylogger yang sering dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • haha thats cute

  • Dedie Cahyadie

    Admin, kalo mau nyari pernyataan resminya dimana ya?