Biasanya Menuntut, Kini Microsoft Dituntut Karena Melanggar Copyright

Biasanya Menuntut, Kini Microsoft Dituntut Karena Melanggar Copyright

0

Biasanya Menuntut, Kini Microsoft Dituntut Karena Melanggar Copyright

Benar kata orang. Roda memang berputar. Siapa sangka Microsoft yang biasanya selalu menuntut pihak lain karena melanggar copyright miliknya kini harus dituntut karena pelanggaran copyright juga.

Pihak yang menuntut Microsoft adalah Getty Images. Perusahaan stock photography tersebut menyatakan tuntutannya kepada Microsoft karena membuat publik bisa memasang foto di koleksi mereka tanpa membayar royalti.

Hal ini terjadi karena fitur Bing Image Widget yang disediakan Microsoft memungkinkan pemilik website bisa memasang widget foto hasil pencarian Bing Image di website mereka. Foto yang tampil secara otomatis ini ternyata banyak yang berasal dari foto-foto yang ber-copyright, termasuk dari Getty Images.

Getty Images menyatakan mereka menderita kerugian yang tak terhitung jumlahnya. Mereka sangat menyesalkan bagaimana Microsoft membuat banyak orang bisa memajang foto tanpa membayar lisensi dan tanpa atribusi kepada sang fotografer.

Microsoft sendiri menyatakan bahwa sebagai perusahaan yang juga memiliki dan peduli akan copyright, mereka akan menanggapi masalah ini dengan serius.

Namun kenyataannya hingga saat ini fitur Bing Image Widget masih tersedia dan tetap bisa kamu gunakan. Entah apakah kedepannya fitur ini akan dimatikan atau dimodifikasi untuk menghindari kasus serupa.

via reuters

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.