Boros Data di Windows Phone? Periksa Hal Berikut Ini!

Boros Data di Windows Phone? Periksa Hal Berikut Ini!

5

Boros Data

Seorang teman baru saja mengeluhkan bahwa setelah switch ke Lumia, langganan data bulanannya menjadi demikian boros. Padahal dia hanya menggunakan ponsel tersebut untuk media sosial dan browsing sederhana. Setelah memeriksa beberapa pengaturannya, maka terlihat ‘sumber’ dari keborosan tersebut. Siapa tahu ada di antara teman-teman WinPoin yang juga baru saja switch ke Lumia dan menemui permasalahan yang sama, teman-teman dapat memeriksa beberapa hal berikut ini:

 

1. Auto Upload Camera

Boros Data

Perangkat Windows Phone memiliki keistimewaan, yaitu penyimpanan cadangan di OneDrive. Selain dapat menyimpan dokumen, OneDrive juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan foto yang dijepret secara langsung. Jadi perangkat Windows Phone kita akan mengunggah hasil jepretan tersebut ke penyimpanan cloud. Namun, bila kamu hobi fotografi memanfaatkan perangkat Lumia, justru akan lebih optimal dan membantu apabila tidak mengunggah foto otomatis menggunakan paket data. Selain boros data, foto yang diunggah kurang optimal kualitasnya, ini juga akan menjadikan perangkat kamu lebih boros batere.

Caranya buka Photos , kemudian ketuk (…), ketuk Setting. Kamu akan mendapatkan opsi untuk menyalakan atau mematikan fasilitas unggah foto ke OneDrive. Ketika mengetuk “Turned On”, kamu akan mendapatkan opsi lanjutan.

 

Boros Data

Bila kamu orangnya jarang memanfaatkan OneDrive, tidak mengapa bila kamu menggunakan opsi “Don’t Upload” atau “Jangan Unggah”. Namun bila kamu suka menyimpan foto di OneDrive sebagai upaya mencadangkan data, maka lebih baik kamu memilih opsi “Best quality (Needs Wi-Fi)”. Ini akan mengoptimalkan unggahan foto kamu dan tidak akan memboroskan pemakaian data kamu. Opsi yang sama bisa kamu pilih untuk unggahan Video rekaman.

 

2. Auto-Download di Social Media dan Instant Message

Boros Data

Beberapa aplikasi Instant Message (IM) dan Social Media memungkinkan kamu untuk secara otomatis mengunduh foto yang ditampilkan. Misalnya bila kamu menggunakan WhatsApp. Setting standar dari IM ini adalah secara otomatis mengunduh gambar yang dikirim ke ponsel kamu. Bila kamu aktif dalam sebuah grup yang hobi berbagi gambar, maka hal ini akan sangat memboroskan pemakaian data kamu. Akan lebih baik bila kamu mematikan fitur auto-download pada IM atau social media tersebut.

Pada contoh di atas, WinPoin menggunakan WhatsApp. Coba ketuk (…) pada WhatsApp kamu, kemudian ketuk “Setting”. Pada opsi “Chat Setting”, kamu akan dapat mengatur apakah kamu perlu mengunduh langsung gambar, video, dan audio yang terkirim ke ponsel kamu.

 

3. Cek Battery Saver

Boros Data

Setting umum aplikasi yang berjalan di perangkat Windows Phone kamu adalah “allow to run on background”. Namun beberapa aplikasi ini sebenarnya tidak urgen untuk berjalan di latar belakang. Misalnya aplikasi berita seperti Detik atau Kompas. Bila kamu mengizinkannya berjalan di latar belakang, maka perangkat kamu akan secara otomatis merefresh berita dalam jangka waktu tertentu, yang mana tentu saja ini ikut memboroskan pemakaian data kamu. Demikian juga dengan mengizinkan Cortana berjalan di latar belakang. Hal ini akan menjadikan perangkat kamu lebih banyak menyedot data daripada biasanya.

 

Nah, demikian berbagai hal yang perlu dicek untuk memastikan bahwa perangkat Windows Phone kamu tidak “kecolongan” oleh pemakaian data berlebihan. Apabila kamu punya tips-tips lain dalam menghemat data, silakan menambahkannya pada kolom komentar di bawah ini.

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta

  • Ga bisa komentar karena semua dh di sebutkan, Btw apa hubungannya Boros data di WP sm SPG nokia? :3

    • mungkin SPG nokia bisa bikin boros quota dompet ca :v ntar disuruh beli semua produk baru nokia :v

  • inblue

    ada min, update apps atomaticly mending di off-kan.

    • Febian

      wow..thanks tambahannya :D