Cara Agar Aplikasi Apapun di Windows Memiliki Tab

Cara Agar Aplikasi Apapun di Windows Memiliki Tab

0

Cara Agar Aplikasi Apapun di Windows Memiliki Tab

Hanya ada sedikit saja aplikasi di Windows yang memiliki tab, padahal sama seperti di browser, tab seringkali bermanfaat ketika kita membuka banyak window sekaligus.

Nah buat kamu yang pengen nambahin tab di berbagai aplikasi Windows, kamu bisa memanfaatkan tool kecil bernama TidyTabs ini. Tool ini bisa kamu download gratis, meskipun untuk dapat fitur lebih ada juga opsi upgrade ke versi Pro nya.

Download TidyTabs

Setelah kamu download dan install, TidyTabs bisa menambahkan fitur tab di hampir semua aplikasi dan software Windows, kecuali apps yang full screen dan tidak mendukung window.

Kamu bisa mengubah tampilan tab, menjadikannya tersembunyi secara otomatis (auto-hide), memasukkan daftar aplikasi yang tidak perlu ditambahkan tab, serta memperoleh update otomatis.

 

Kapan Harus Upgrade ke versi Pro?

Jujur saja meskipun versi gratisnya bisa memenuhi kebutuhan minimal aktivitas sehari-hari, tetapi versi Pro memang jauh lebih memudahkan. Contohnya nih ya..ketika kamu mau nambah tab, maka kalo versi Free kamu harus drag and drop manual window baru di window sebelumnya, sedangkan versi Pro ada fitur auto grouping, dimana tab akan otomatis terbentuk jika kamu membuka window baru.

Lalu maksimal grouping di versi Free hanyalah 3 tab, jadi jika kamu sering membuka window aplikasi lebih dari 3, mau tidak mau kamu harus pake versi Pro karena versi Free tidak bisa melakukannya.

Cara Agar Aplikasi Apapun di Windows Memiliki Tab

Versi Pro juga bisa berlaku lebih natural layaknya tab sebuah browser dengan adanya fitur ekstra seperti rename tab, reordering tab, serta klik tengah untuk menutup tab. Jadi ketika digunakan jauh lebih familiar karena experience nya mirip seperti browser.

TidyTabs versi Pro dijual dengan harga $9 untuk personal, alias sekitar 117 ribu rupiah.

Tetapi saya sendiri menggunakan TidyTabs versi Free karena berbagai alasan. Alasan pertama memang mayoritas saat bekerja saya biasanya hanya menggunakan 2 tab window saja di satu aplikasi, jadi ya TidyTabs free sudah sangat membantu untuk berpindah dari satu window ke window yang satunya.

Alasan kedua karena memang saya tidak sering membutuhkan fitur tab di aplikasi ini, mengingat satu aplikasi yang paling butuh tab yaitu browser, dari sananya memang telah mendukung tab.

Alasan ketiga meskipun saya letakkan di akhir, tetapi sebenarnya merupakan alasan yang paling utama, yaitu karena dompet saya yang begitu kurus dan kurang gizi, hingga harus berpikir ribuan kali sebelum memutuskan membeli =))

Jadi jika kamu tidak memerlukan kemudahan dan fitur ekstra tersebut diatas seperti saya, maka TidyTabs versi gratis sudah mumpuni dan bisa kamu gunakan untuk mempermudah saat berpindah dari satu window ke window lain melalui tab di aplikasi Windows.

Nah kini giliran kamu mencoba, semoga bermanfaat.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.