Cara Agar Cortana Tahu Lokasi dan Tempat

Cara Agar Cortana Tahu Lokasi dan Tempat

0

CortanaMeskipun di Indonesia tidak bisa dipakai dengan bahasa dan region Indonesia, tapi kamu bisa menikmati fitur Cortana yang lebih dari sekedar tanya jawab, mengenal lokasi tempat-tempat tertentu. Loh, gimana caranya?

Informasi lokasi tempat ini didapatkan oleh Cortana lewat favourite di Windows Maps. Tapi, sebelum kita masuk ke cara-caranya, pastikan kamu menggunakan region yang sudah support Cortana seperti Amerika Serikat, Inggris, dan lainnya. Pastikan juga bahasa kamu sudah sama dengan region yang dipakai. Misalnya region yang dipakai Amerika Serikat, maka kamu harus memakai bahasa Inggris (Amerika Serikat).

Selain itu, ketika ingin menggunakan Cortana, maka kamu harus menggunakan koneksi internet dengan fitur Location yang dinyalakan.

Baca juga:  Firmware Baru Membuat Performa HP Elite X3 Meningkat

Nah, berikut cara-caranya.

Pertama, buka Windows Maps. Cara untuk menambahkan favourite-nya adalah dengan menyentuh lama pada posisi pada peta yang diinginkan.

Tapi, lebih baik tap pada garis jalan karena jika ingin mengingat sesuatu berdasarkan tempat, hasilnya akan lebih akurat karena menggunakan GPS.

Lokasi Favorit Cortana-1

Lalu akan muncul pilihan tambahan dibawahnya. Sentuh ikon bintang. Kamu pun akan diminta memasukan Nickname yang bisa kamu isi dengan nama tempat. Jika tempat tersebut adalah rumah atau kantor kamu, kamu bisa lakukan “Set as home” atau “Set as Office”.

Kedua, kamu bisa cek lokasi atau tempat yang sudah kamu tambahkan tadi di Cortana.

Lokasi Favorit Cortana-2Caranya, buka Cortana, tap Hamburger Button (Garis 3) di pojok kiri atas, pilih Notebook, pilih About Me, pilih Edit Favourites. Pastikan lokasi tersebut sudah ada pada Edit Favourites tersebut.

Baca juga:  Windows Device Recovery Tool (WDRT) Mendapat Update Minor

Cara meminta Cortana mengingat sesuatu berdasarkan tempat

Nah, jika lokasi atau tempat yang ditambahkan sudah selesai, artinya Cortana sudah tahu lokasi atau tempat tertentu dan bisa meminta Cortana mengingat dengan lokasi atau tempat. Misalnya, mengingatkan untuk membeli mie instan ketika nanti kamu lagi ada di Supermarket ataupun untuk menyerahkan tugas kepada Dosen ketika sedang berada di Kampus.

Caranya cukup dengan mentap icon Mic pada Cortana dan awali dengan kata “Remind Me” dan diikuti dengan mengingatkan apa dan ketika dimana.

Lokasi Favorit Cortana-3

Otomatis, selama paling tidak fitur Location kamu menyala, maka ketika tiba ditujuan, Cortana akan memberi notifikasi pengingat kepada kamu.

Gimana, keren kan? Meskipun fitur ini memang tidak maksimal di Indonesia, setidaknya fitur pengingat ini sangat membantu buat kamu yang pelupa.

Baca juga:  Smartphone RAM 512MB Tidak Dapat Windows 10 Mobile Final?
Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi