Cara Cepat Menampilkan File yang Tersembunyi di Windows

By  |  3 Comments

Di Windows kamu dapat menyembunyikan atau menampilkan file yang tersembunyi lewat pengaturan Folder Options yaitu Hidden File. Untuk menyembunyikan atau menampilkan Hidden File tersebut membutuhkan langkah yang sangat panjang atau lama. Kali ini WinPoin akan memberikan tutorial Windows, cara cepat menampilkan file yang tersembunyi di Windows. Tutorial ini bisa kamu gunakan untuk Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8. Trik yang Winpoin gunakan adalah menambahkan Show/Hide Hidden File di menu klik kanan pada konteks menu Windows.

 

Cara Cepat Menampilkan File yang Tersembunyi di Windows

Untuk bisa menambahkan Show/Hide Hidden File di klik kanan pada konteks menu, kamu bisa mendownload registry yang sudah WinPoin buatkan ini. File Registry ini bisa membantu kamu menambahkan menu Show/Hide Hidden File di klik kanan, kamu akan mendengar notif sound jika mengklik menu ini.

Download

 

Atau kamu bisa menambahkan Show/Hide Hidden File di klik kanan pada konteks menu, kamu bisa mendownload registry yang sudah WinPoin buatkan ini. File Registry ini bisa membantu kamu menambahkan menu Show/Hide Hidden File di klik kanan, jika kamu mengklik menu ini kamu tidak akan mendengarkan notif sound.

Download

 

Setelah kamu download dan extract salah satu dari kedua file zip diatas, akan ada file registry dan vbs.

 

Kemudian klik kanan pada file .vbs dan pilih Properties, pada tab General klik tombol Unblock. Lakukan hal yang sama pada file registry. Jika kamu tidak melihat tombol Unblock, berarti file bisa langsung kamu gunakan.

 

Lalu copy file .vbs dan pastekan ke dalam folder C:\Windows, ketika ada window UAC yang muncul klik Continue dan Yes.

Cara Cepat Menampilkan File yang Tersembunyi di Windows

 

Kembali lagi ke folder yang berisi registry tersebut, klik kanan pada file registry dan pilih Merge. Setelah itu setejui terus window yang keluar dari Registry Editor.

Cara Cepat Menampilkan File yang Tersembunyi di Windows

 

Sekarang kamu akan melihat menu Show/Hide Hidden File di klik kanan pada konteks menu di folder mana saja. Jika setelah kamu mengklik Show/Hide Hidden File, file hidden tetap tidak muncul, klik kanan dan pilih Refresh.

Cara Cepat Menampilkan File yang Tersembunyi di Windows

 

Untuk menghilangkan menu Show/Hide Hidden File di klik kanan pada konteks menu, kamu bisa mendownload file zip berisi registry di bawah ini dan jalankan cara diatas. Setelah itu kamu jgua perlu menghapus file .vbs yang berada di C:\Windows maka menu Show/Hide Hidden File akan hilang.

Download

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

Kolom komentar ini tidak disediakan untuk menjawab permasalahan teknis. Jika punya permasalahan teknis, silahkan langsung bertanya di Forum WinPoin.

  • Tri Leo Bayu

    kalo pada windows 8 kan udah disiapkan. okeeeh siiip :D

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      iyaaa….tinggal ke File Explorer :D

  • Ios Koeswara

    nyimak terus…. :) sangat bermanfaat

MENU