Cara Membaca/Mengakses Partisi Linux di Windows

Cara Membaca/Mengakses Partisi Linux di Windows

4

Cara Membaca/Mengakses Partisi Linux di Windows

Jika kamu pengguna sistem dual-boot Windows dan Linux, kamu mungkin tahu bahwa Linux bisa mengakses partisi di Windows, sedangkan Windows tidak bisa mengakses partisi di Linux. Alhasil, kamu tidak akan bisa mengakses data kamu yang tersimpan di Linux dari Windows.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Windows dan Linux menggunakan file system yang berbeda. Windows menggunakan FAT32 dan NTFS, sedangkan Linux menggunakan ext2 dan ext3. Selain mampu membaca ext2, ext3, ext4, Linux juga mampu membaca FAT32 dan NTFS. Hal ini berbeda dengan Windows yang tidak mampu membaca file system ext2, ext3, dan ext4. Hal tersebut seringkali mempersulit kita ketika sedang mengakses Windows dan ingin membuka beberapa data yang tersimpan di Linux.

Bagaimana cara membaca partisi Linux di Windows?

Untuk bisa membaca partisi Linux di Windows, kamu perlu menginstall beberapa software tambahan. Di artikel ini WinPoin akan memberikan 5 software terbaik yang bisa kamu install agar bisa mengakses file yang tersimpan di partisi Linux melalui Windows.

 

Explore2fs #read-only

Explore2fs #read-only

Explore2fs adalah eksplorer berbasis GUI yang bisa mengakses filesystem ext2 dan ext3 melalui Windows. Dengan tool ini kamu bisa mengakses berbagai file yang ada di partisi Linux, tetapi tidak bisa menulis/menambahkan file disana.

 

Ext2 IFS (Installable File System) #Read-Write

Ext2 IFS (Installable File System)

Ext2 IFS jauh lebih fleksibel daripada Explore2fs. Jika Explore2fs hanya bisa membaca data saja, Ext2 IFS bisa membaca dan menulis di partisi Linux. Ext2 IFS bekerja dengan menginstall kernel Ext2fs.sys yang membuat Windows bisa mengakses file system ext2.

 

DiskInternals Linux Reader #read-only

DiskInternals Linux Reader

Software ini memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi seluruh file yang ada di partisi Ext2 dan Ext3. Tetapi DiskInternals Linux Reader hanya bisa membaca file saja tanpa bisa menuliskan file baru di partisi tersebut.

 

Ext2 FSD (File System Driver) #read-write

Ext2 FSD (File System Driver)

Ext2 FSD merupakan driver file system ext2 dan ext3 untuk Windows. Kamu bisa membaca maupun menuliskan file baru di partisi Linux tersebut melalui OS Windows secara langsung.

 

Ext2Read #read-only

Cara Membaca/Mengakses Partisi Linux di Windows

Jika tujuan kamu hanya membaca dan mengcopy file dari ext2, ext3, dan ext4 melalui Windows, maka Ext2Read bisa menjadi software andalan kamu. Kamu bisa mengcopy file maupun banyak folder sekaligus.

Kamu bisa memilih salah satu software diatas yang sesuai dengan kebutuhan kamu. WinPoin sudah memberikan tanda #read-only untuk software yang hanya bisa membaca partisi Linux, dan tanda #read-write untuk software yang bisa kamu gunakan untuk membaca sekaligus menulis file di partisi Linux.

Dengan begini, kamu bisa mengakses file di partisi Linux melalui Windows dengan mudah. Semoga bermanfaat :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.