Cara Membuat Partisi di Windows 8 / 8.1

Cara Membuat Partisi di Windows 8 / 8.1

8

membuatpartisiwindows8_0

Ada beberapa alasan pengguna Windows untuk membuat partisi baru. Bisa jadi partisi baru tersebut digunakan untuk meletakkan data-data agar rapi, memisahkannya dengan partisi sistem, atau ingin melakukan dual boot. Tidak berbeda jauh dengan Cara Membuat Partisi di Windows 7, berikut WinPoin berikan cara membuat Partisi di Windows 8 / 8.1.

Pertama buka Power user menu dengan cara mengkombinasikan tombol WinKey + X. Lalu pilih “Disk Management“.
membuatpartisiwindows8_1
Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar partisi yang ada. lalu pada list partisi tersebut pilih mana yang ingin kamu bagi sizenya dengan cara klik kanan lalu pilih “Shrink Volume“.
membuatpartisiwindows8_2
Setelah itu kamu dapat menentukan size yang ingin kamu buat. Isi size yang kamu inginkan misalnya jika ingin membuat 100GB maka tuliskan 100000 (Dalam satuan MB). Setelah selesai pilih “Shrink“.
membuatpartisiwindows8_3
Nantinya akan muncul Partisi baru dalam status Unallocated. Untuk bisa mengisinya dengan data-data kamu perlu membeli volume dalam partisi tersebut. Caranya klik kanan lalu pilih “New Simple Volume“.
membuatpartisiwindows8_4
Akan muncul jendela baru. Pilih Next saja untuk tahap ini.
membuatpartisiwindows8_5
Lalu pada tahap ini kamu perlu menentukan size volume pada partisi ini. kamu bisa menggantinya sesuai keinginkan atau membiarkan secara default pada angka maksimumnya. Pilih Next untuk tahap selanjutnya.
membuatpartisiwindows8_6
Setelah itu pilih “Assign the following drive letter” lalu pilih huruf yang diinginakan. Jika sudah selesai pilih Next.
membuatpartisiwindows8_7
Kemudian kamu dapat memilih tidak memformat partisi ini ataupun memformatnya dengan memberapa konfigurasi. Tetapi jika ingin isi partisi bersih, kamu dapat memilih opsi untuk memformatnya. Tentukan NTFS sebagai file system nya, allocation unit size dan nama dari partisi tersebut. Pastikan kamu mencentang “Perform a quick format” agar proses format bisa cepat. Jika sudah selesai pilih Next.
membuatpartisiwindows8_8
Terakhir akan muncul rekap settingan yang kamu lakukan sebelumnya. Jika ingin mengantinya kembali pilih Back. tapi jika merasa semua sudah benar pilih Finish.
membuatpartisiwindows8_9
Hasilnya partisi baru muncul di Disk management dan begitu juga di Explorer.
membuatpartisiwindows8_10

membuatpartisiwindows8_11
Kamu juga bisa langsung mengisi partisi tersebut dengan file ataupun membuatnya sebagai partisi duat boot dengan OS lain. (Baca Juga : Cara Dual Boot Windows 7 dan Windows 8 (Dilengkapi Gambar)).

Itulah cara untuk membuat partisi di Windows 8 / 8.1. Mudah sekali bukan? Jika ada pertanyaan atau permasalahan seputar partisi ini bisa kamu tanyakan langsung di Forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • ALFIAN RIZKY

    ijin copas :D

  • Rizqi

    thanks, sdh bisa terpartisi dg mudah

  • Arsy Hidayat

    waktu memformat partisi harddisk, apakah data pada partisi harddisk yang diformat akan hilang…?,
    please reply…!!!

    • iyalah sob, bakal ilang semua data-data pada partisi tersebut
      jadi backup dlu sebelum melakukan format

  • fitta

    Trimakasih ilmunya

  • Natania

    THANK YOU!

  • Hazmi Azinudin Prasetyo

    MAKASIIIHHH… ITS REALLY HELP ME A LOT !!!

  • oysterdate

    saya ada laptop sudah ada windows 8, tetapi cuma ada satu partisi. jika ingin membaginya, apakah windowsnya akan hilang?