Cara Membuat Restore Point di Windows 10

Cara Membuat Restore Point di Windows 10

0

restorepointwindows10_0

Secara pribadi membuat restore point sering kali saya lakukan ketika sistem dalam keadaan fresh, contohnya habis melakukan install ulang / fresh install. Karena dengan membuat restore point ini, sistem akan menyimpan semua settingan seperti registry, sistem files dan driver. Agar jika nantinya Windows 10 mengalami masalah, dapat diselesaikan dengan cara rollback ke restore point tersebut.

Dan berikut kali ini WinPoin akan memberikan cara membuat restore point di Windows 10.

Pertama buka System Properties lalu klik ‘System protection‘ (A) atau kamu dapat membukanya secara cepat dengan cara buka kotak RUN (WinKey + R) lalu ketikan ‘SystemPropertiesProtection‘ (B).

restorepointwindows10_1

Setelah system properties terbuka, secara default┬ájika kamu sebelumnya belum mengutak-atik bagian ini, pada bagian Drive Protection statusnya adalah ‘Off’, jadi perlu diaktifkan dengan cara klik ‘Configure‘. Kemudian klik lagi ‘Turn on System protection‘ lalu pada bagian bawah atur slide pada bagian Max Usage kira-kira 10-15% ini berguna untuk mengatur ruang yang digunakan oleh sistem untuk menyimpan restore point. Setelah selesai klik OK.

Baca juga:  Cobain Aplikasi Outlook Groups di Windows 10 Mobile dan WP 8.1

restorepointwindows10_2

Kemudian pilih ‘Create‘, akan muncul pop-up untuk memberikan nama/deskripsi dari restore point tersebut, isi sesuai dengan keinginan lalu pilih ‘Create‘ dan proses pembuatan restore point pun akan dimulai.

Setelah selesai maka kedepannya jika Windows 10 mengalami masalah, kamu dapat kembali dengan menggunakan restore point untuk memecahkan masalah. Selengkapnya untuk cara Restore Windows 10 akan ditulis pada artikel yang berbeda.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.