Cara Membuat Restore Point Secara Instan dengan Shortcut di Windows 10

Cara Membuat Restore Point Secara Instan dengan Shortcut di Windows 10

0

shortcutrestorepoint_1

Beberapa waktu yang lalu, kita telah membahas mengenai cara membuat restore point di Windows 10. Dari artikel tersebut tentunya kita harus melakukan beberapa langkah untuk membuat restore point tersebut. Tentunya membutuhkan waktu yang agak lama karena kita harus mengkonfigurasinya secara manual, namun mungkin akan lebih mudah lagi jika membuat restore point secara instan dengan 1x klik dengan menggunakan shortcut. Bagaimana caranya?, keep reading guys! :)

Pertama sebelum membuat shortcut tersebut, pastikan bahwa system restore telah diaktifkan pada drive yang kamu inginkan.

Ketika sudah selesai, navigasilah ke desktop lalu klik kanan kemudian pilih ‘New – Shortcut‘.

Baca juga:  8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Windows 10 Setelah Anniversary Update

shortcutrestorepoint_5

Setelah itu ketikan/copy perintah ini. Lalu pilih Next.

cmd.exe /k "Wmic.exe /Namespace:\\root\default Path SystemRestore Call CreateRestorePoint "%DATE%", 100, 7"

shortcutrestorepoint_6

Lalu beri nama pada shortcut tersebut sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik Finish.

shortcutrestorepoint_7

Dengan begitu maka shortcut tersebut akan muncul di desktop, kamu dapat langsung menjalankannya dengan cara klik kanan lalu klik ‘Run as administrator‘.

shortcutrestorepoint_8

Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan restore point selesai dan ketika sudah selesai maka hasilnya akan seperti ini.

shortcutrestorepoint_13

Dan kamu dapat langsung menjalankan system restore tersebut seperti biasa. (Baca Juga : Cara Melakukan System Restore di Windows 10)

shortcutrestorepoint_10

Untuk opsional, jika kamu tidak suka dengan icon shortcut tersebut dan ingin menggantinya dengan icon sistem restore. Kamu dapat menggantinya dengan cara klik kanan lalu pilih ‘Properties‘, kemudian pada tab shortcut pilih ‘Change icon‘ lalu masukan pada address bar.

C:\Windows\System32\rstrui.exe

shortcutrestorepoint_11

Dan jika kamu tidak ingin repot-repot klik kanan untuk menjalankan shortcut tersebut dengan Run as Administrator. Kamu dapat menggantinya dengan cara klik ‘Advanced‘ pada tab Shortcut. Lalu centang pada bagian ‘Run as Administrator‘.

Baca juga:  Cara Cepat Menghapus Semua Tile & All Apps Start Menu di Windows 10

shortcutrestorepoint_12

That’s it! :)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.