Cara Membuat System Recovery Image di Windows 10

Cara Membuat System Recovery Image di Windows 10

0

membuatrecoveyimage_1

Setelah sebelumnya saya membahas tentang System Restore, yang merupakan salah satu opsi untuk melakukan troubleshooting ketika mengalami masalah pada Windows 10. Namun terkadang System restore sering mengalami kegagalkan jika masalah yang ditimbulkan berhubungan dengan Virus, jika hal itu terjadi maka opsi lain yang dapat kamu pilih adalah dengan menggunakan Recovery Image.

System Recovey Image sendiri adalah metode yang digunakan untuk membackup seluruh data pada suatu partisi. Jadi ketika sistem mengalami masalah yang serius, maka Recovey Image bisa menjadi solusinya karena prosesnya cepat.

Untuk itu kali ini WinPoin akan memberikan langkah-langkah untuk membuat System Recovey Image di Windows 10.

Pertama buka Control Panel, lalu klik ‘Backup and Restore (Windows 7)‘.

Baca juga:  Cara Menghapus, Memindah atau Mengubah Nama File yang Terkunci di Windows

membuatrecoveyimage_2

Lalu pada bagian pojok kiri atas, klik ‘Create a system image‘.

membuatrecoveyimage_3

Lalu selanjutnya untuk menentukan dimana System Image tersebut akan disimpan kamu diberikan 3 pilihan, yakni.

  1. On a Hardisk : Menyimpannya di partisi lain (namun masih physical drive yang sama) atau dengan menggunakan media eksternal seperti HDD eksternal.
  2. On one or more DVDs : Menyimpannya disatu atau lebih DVD.
  3. On a Network Location : Menyimpannya pada suatu jaringan network, contohnya seperti server atau client lain pada jaringan yang sama.

Pilih salah satu diantarnya, disini saya memilih opsi ‘On a Hardisk‘. Jika sudah klik Next.

membuatrecoveyimage_4

Terakhir sebelum dilakukannya proses backup. Akan diberikan total besar size yang akan digunakan Image serta drive mana saja yang akan ter-backup. Klik ‘Start backup‘ untuk memulai proses.

Baca juga:  HOT: Update Mayor Windows 10 a.k.a Threshold 2 Final Sudah Dirilis!

membuatrecoveyimage_5

Proses backup akan berlangsung selama 30 hingga 40 Menit atau lebih, tergantung dari total size System Image yang dibackup. Setelah proses backup selesai, akan muncul opsi untuk membuat ‘System Repair Disc‘. System repair disc sendiri adalah membuat recovery dengan media CD/DVD, yang digunakan untuk boot ke System Recovery Options untuk merecovery sistem. Karena saat ini kamu tidak membutuhkan opsi tersebut, jadi pilih saja ‘No’.

membuatrecoveyimage_6

Dan dengan begitu maka proses Backup Image telah selesai. Hasilnya dapat kamu lihat pada lokasi dimana folder Image backup (WindowsImageBackup) disimpan.

membuatrecoveyimage_8

Untuk size dari folder WindowsImageBackup (57.7GB) sendiri memang besar dan hampir sama dengan ukuran Image Drive aslinya (62.1GB) ini karena proses full backup hanya dengan compresi standard, sehingga nantinya proses restore image akan menjadi lebih cepat.

Baca juga:  Woops..Jumlah Pengguna Microsoft Edge Menurun

membuatrecoveyimage_9

That’s it! :D

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.