Coba Trik Ini Untuk Memperbaiki Hardware Failure Sebelum Membeli Hardware Baru

Coba Trik Ini Untuk Memperbaiki Hardware Failure Sebelum Membeli Hardware Baru

10

Cara Memperbaiki Error Code 43

Kadang-kadang setelah Windows update tidak jarang komputer kamu mengalami masalah. Entah itu masalah yang berkaitan dengan hardware seperti monitor atau mouse atau masalah sistem. Jika kamu pernah mengalami masalah seperti ini, sebaiknya kamu coba trik yang WinPoin berikan ini sebelum benar-benar membeli hardware baru.

Seperti yang baru-baru ini terjadi dengan WinPoin, setelah Windows update tiba-tiba port USB tidak bisa bekerja dan Windows mengeluarkan notif “Error Code 43: Windows has stopped this device because it has reported problems.” Error seperti ini di luar sana banyak yang mengalami, tidak USB saja tapi ada juga video card, printer, bluetooth atau hardware lain yang terpasang di komputer kamu. Berikut cara mengatasi error code 43 di Windows.

Cara Memperbaiki Error Code 43

 

Kenapa Error 43 Muncul?

Kebanyakan error code 43 muncul karena device driver hilang, corrupt, outdated atau hardware memang perlu di ganti. Driver yang hilang, corrupt, atau outdated menyebabkan Windows tidak bisa bekerja terhubung dengan hardware. Jika kamu mengalami ketiga masalah tersebut, kamu bisa menyelesaikannya dengan menginstall driver yang baru atau yang cocok.

Cara Memperbaiki Error Code 43

Kadang masalah ini bisa kamu perbaiki dengan melepas device dari motherboard dan memasangnya kembali, atau melepas power dari power supply dan merestart komputer, dan sebagainya. Tapi itu hanya sementara, beberapa saat kemudian error code 43 akan muncul kembali.

 

Cara Memperbaiki Error Code 43

Restart Komputer Kamu

Cara Memperbaiki Error Code 43

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merestart komputer. Kalau error 43 belum juga hilang, kamu bisa melanjutkan cara selanjutnya. Kalau ini berhasil, berarti error tersebut terjadi hanya sementara saja. Tidak jarang kamu juga harus mematikan power dari komputer. Kalau ini terjadi pada laptop kamu, coba lepaskan baterai dari device.

 

Update, Uninstall atau Roll Back Driver

Setelah kamu merestart komputer dan mematikan power tidak menyelesaikan masalah, kamu bisa mencoba cara berikut ini. Yang kamu perlukan pada cara kedua ini adalah Device Manager, tool built-in yang ada pada Windows dan bisa kamu dapatkan dari Control Panel.

Cara Memperbaiki Error Code 43

Dengan Device Manager kamu bisa melakukan empat hal berikut ini:

  • Update – Update driver akan menggantikan outdated driver dengan driver yang baru.
  • Uninstall – Uninstall driver akan menghapus driver dan kamu bisa menginstall driver yang baru dan cocok.
  • Rollback – Mengembalikan versi driver ke sebelum driver diupdate.
  • Disable – Mematikan driver sehingga kamu tidak bisa menggunakan device tersebut.

Perlu kamu tahu, jika error code 43 terjadi pada port USB maka kamu harus menguninstall setiap device di bawah kategori Universal Serial Bus controller, termasuk USB Mass Storage Device, USB Host Controller, dan USB Root Hub.

 

Install Windows Update

Cara Memperbaiki Error Code 43

Kadang Windows update berisi patch baru untuk memperbaiki masalah yang ada di Windows update sebelumnya. Dengan menginstall Windows update baru, kamu akan bisa memperbaiki masalah yang terjadi ketika install Windows update sebelumnya.

 

Update BIOS

Cara Memperbaiki Error Code 43

Kadang-kadang di situasi tertentu, BIOS yang lama bisa menyebabkan beberapa masalah dengan device. Karena BIOS yang menghubungkan Windows dengan hardware.

 

Ganti Kabel yang Menghubungkan Device dengan Komputer Kamu

Cara Memperbaiki Error Code 43

Mengganti kabel data yang menghubungkan device dengan komputer, bisa memperbaiki error code 43. Biasanya masalah ini dialami oleh hardisk external, Mouse, Keyboard dan sebagainya.

 

Itu beberapa cara yang bisa memperbaiki error code 43 sebelum kamu benar-benar membeli hardware yang baru. Jangan gegabah mengatasi masalah yang ada di komputer, selalu atasi masalah dari cara yang paling dasar.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Ane gak pernah dapet code Error 43

    • untung deh om :D

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        udah dibilang ane bukan om

        • itu memang panggilan akrab disini om :v
          berawal dari forum, kita terbiasa manggil pake sebutan “om” atau “sob”, daripada “gan”, “agan”, “bro”, dsb :D

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            . ya walaupun begitu min.. tapi ingat umur juga.. kali..

        • Ivan Agustian

          hahaha, om om.

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            -_-

  • amjas e kid

    Sensor Accelerometer di lumia, trrmasuk hardware bkn? Kalo iya gimana cara benerinnya soalnya suka error, layar lumiaku suka muter2 gak jelas

    • kl utk lumia sih, saranku di hard reset dulu om
      kl ternyata masih bermasalah setelah di hard reset, kayaknya memang hardware perlu diganti di service center

      • amjas e kid

        Sebenarnya di soft reset saja accelerometer udah normal lg, tp dalam bbrpa jam kemudian kambuh lagi sakitnya.