Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware

Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware

3

Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware

Jika kamu sering mendownload software gratis, akan ada beberapa hambatan saat kamu menginstall software tersebut. Kamu akan menemukan malware, adware atau software installer lainnya di dalam software tersebut yang bisa mencoba pengaturan browser kamu berubah, seperti home page, search engine, atau toolbar yang bertambah. Agar kamu tidak mendapatkan hal-hal yang demikian kamu harus berhati-hati saat proses installasi software gratis.

Tetapi bagaimana kamu sudah menginstallnya dan membuat perubahan pengaturan pada browser yang kamu miliki? Padahal mengubah pengaturan browser seperti semula sangatlah sulit. Berikut ini WinPoin akan memberikan guide untuk cara memperbaiki pengaturan browser yang terkena Malware, Adware atau Software lainnya.

 

Pengaturan Search Engine

Kalau pengaturan search engine kamu sudah berubah dan kamu ingin mengaturnya ke pengaturan semula, berikut ini WinPoin akan memberikan tutorial cara memperbaiki search engine di browser.

  • Internet Explorer: Pertama-tama klik icon Gear untuk ke menu pengaturan, setelah itu pilih Manage Add-ons. Kemudian klik menu Search Providers, klik kanan pada provider search engine yang biasa kamu gunakan dan pilih Set as default.
  • Mozilla Firefox: Klik icon search engine di search box dan pilih Search engine yang kamu inginkan.
  • Google Chrome: Pada URL bar, klik kanan dan pilih Edit search engine.. Setelah itu klik provider Search Engine yang kamu inginkan dan pilih Make as default.

Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware

 

Pengaturan Home Page

Tidak hanya search engine saja yang diubah, biasanya home page juga berubah. Home page akan berisi dengan banyak iklan dan ini akan mengganggu kamu. Berikut ini cara mengubah home page default di berbagai browser yang biasanya kamu gunakan.

  • Internet Explorer: Pertama-tama klik icon Gear untuk ke menu pengaturan, setelah itu pilih Internet Options. Kemudian klik tab General dan ubah url Home page tersebut.
  • Mozilla Firefox: Klik tombol Firefox, pilih Options, klik tab General dan ubah url Home page.
  • Google Chrome: Pilih menu Pengaturan Chrome, klik Settings di menu sebelah kiri, dan centang menu Show Home di bawah appearance. Setelah itu akan muncul menu Change, pilih home page yang kamu inginkan dan klik OK.

Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware

 

Toolbar dan Extensi Browser

Toolbar juga menjadi salah satu software yang diinstall pada browser ketika kamu menginstall software dengan tidak awas. Salah satu toolbar yang terkenal adalah Ask toolbar yang kamu dapatkan dari software oracle Java. Berikut ini WinPoin akan memberikan cara untuk menghilangkar toolbar dan extensi browser.

  • Uninstall dari Control Panel: Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mendapatkan toolbar di browser kamu adalah membuka Control Panel. Jika ada software yang berhubungan dengan toolbar, maka coba uninstall toolbar tersebut dari sini. Bila toolbar tidak ada disini, berarti dia termasuk extensi.
  • Internet Explorer: Klik icon gear, pilih Manage add-ons, dan klik Toolbars and Extensions. Coba lihat toolbar apa saja yang terinstall, jika kamu sudah menemukan toolbar yang tidak diinginkan, klik toolbar tersebut dan pilih Disable.
  • Mozilla Firefox: Klik tombol Firefox dan pilih menu Etensions. Kemudian klik Add-ons dan klik tombol Disable untuk mematikan add-on toolbar.
  • Google Chrome: Pilih tombol setting Chrome, pilih menu Settings yang berada di kiri dan pilih kategori Extensi di sisi kiri window. Hilangkan centang pada menu Enable pada extensi yang tidak kamu inginkan.

Cara Memperbaiki Pengaturan Browser yang Terkena Malware

 

Itulah beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk memperbaiki browser yang pengaturannya sudah berubah karena malware atau adware. Jika kamu masih mengalami kesulitan, kamu bisa bertanya melalui forum WinPoin.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.