4 Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

By  |  0 Comments

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

Apakah kamu pengguna browser Google Chrome? Jika kamu sudah menggunakan Google Chrome cukup lama dan kamu terasa browser kesayangan kamu ini berjalan lambat, ini mungkin karena beberapa faktor. Kali ini WinPoin akan membahas bagaimana cara mempercepat Google Chrome dengan Mudah. Kadang-kadang ketika browser Chrome berjalan dengan lambat, ini akan banyak memakan memory sehingga tidak jarang membuat komputer kamu crash atau hang.

Dengan beberapa tips dan trik yang WinPoin sampaikan di artikel cara mempercepat Google Chrome ini mungkin akan membuat browser kesayangan kamu berjalan dengan cepat kembali dengan mudah, bahkan untuk dilakukan oleh orang awam. Berikut 4 cara mempercepat Google Chrome dengan mudah.

 

Matikan Plugin

Ketika kamu pertama kali menginstall Google Chrome, kamu akan mendapatkan banyak plugin telah diaktfikan. Plugin akan membantu Google Chrome untuk mengakses beberapa konten, misalkan saja Plugin Flash dibutuhkan untuk mengakses konten yang memiliki Flash. Kebanyakan plugin ini memang dibutuhkan oleh browser untuk pengguna dalam menjelajahi web setiap hari. Tetapi tidak jarang juga banyak orang menginstall plugin-plugin untuk kepentingan mereka, hanya untuk sesaat saja tetapi. Namun dengan begini, plugin yang hanya dipakai satu kali dan sudah terinstall di Chrome akan tetap memakai resource memory. Ini akan membuat Google Chrome berjalan dengan lambat.

Kamu harus memilah-milah, mana plugin yang kamu butuhkan setiap saat dan plugin yang tidak kamu butuhkan setiap saat. Dengan begini kamu bisa mematikan plugin yang tidak kamu butuhkan dan menjalankannya saat kamu butuhkan. Untuk mematikan plugin Chrome caranya sangat mudah, ketikkan about:plugins pada tab URL browser. Kemudian klik Disable pada plugin yang tidak kamu butuhkan.

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

 

 

Matikan Extensi

Extensi adalah program kecil yang bisa kamu download melalui Chrome Web Store dan diinstall pada Chrome. Extensi ini dapat membantu kamu dalam menjelajahi internet, misalkan saja ketika kamu ingin mengambil screnshot dari web, kamu bisa menggunakan extensi tanpa harus menggunakan software yang diinstall pada desktop. Tetapi dengan semakin banyaknya extensi yang kamu install pada Chrome, ini akan mengakibatkan Google Chrome berjalan dengan lambat.

Untuk menguninstall extensi yang ada di Chrome caranya sangat mudah sekali, pertama extensi akan muncul di deretan tab menu. Klik kanan pada extensi yang ingin kamu uninstall dan pilih Remove from Chrome.

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

Untuk menguninstall extensi yang tidak ada di tab menu, kamu bisa membuka chrome://extensions/ disini akan ada daftar extensi yang pernah kamu install. Untuk menghapus extensi tersebut, klik Remove from Google Chrome atau icon tempat sampah.

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

 

 

Hapus Data Browser

Browser menyimpan data saat kamu browsing, termasuk history, password, cookies dan sebagainya. History dan cahce adalah database yang mampu membuat komputer kamu berjalan lambat dan mengurangi kecepatan browser kamu. Jadi kamu harus menghapus data browsing kamu untuk mempercepat kembali Google Chrome. Berikut beberapa cara untuk menghapus data browser.

 

Hapus Data Browser Sekaligus

Untuk menghapus data browser sekaligus, kamu dapat melakukannya dan fitur ini telah disediakan oleh Google Chrome. Caranya dengan klik Settings>Tools>Clear browsing data..

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

Disini kamu dapat memilih semua data browser dihapus, diantaranya ada data history, download, cookies, cache, password, form dan form apps. Saran WinPoin, jangan hapus data dari password dan 2 menu dibawah, ini akan mempermudah kamu dalam login situs-situs yang biasa kamu kunjungi.

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

 

Hapus Spesifik Browser History

Kamu juga bisa menghapus browser history secara speisifik, dengan url-url mana saja yang ingin kamu hapus dan url yang tidak kamu hapus. Caranya sangat mudah, klik Settings>History. Setelah itu centang url yang ingin kamu hapus.

Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

 

Nah itulah tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk cara mempercepat Google Chrome dengan Mudah. Bagi kamu yang punya tips lain untuk mempercepat Google Chrome, kamu bisa berkomentar di bawah ini.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

Kolom komentar ini tidak disediakan untuk menjawab permasalahan teknis. Jika punya permasalahan teknis, silahkan langsung bertanya di Forum WinPoin.

MENU