Cara Menampilkan QR Code pada Windows Store di Google Chrome

Cara Menampilkan QR Code pada Windows Store di Google Chrome

0

qrcodewindowsstore_0

Alasan banyak orang menggunakan metode QR Code ini adalah agar mudah memberikan informasi (dalam kasus ini link) kepada pengguna, karena hanya perlu memindai QR Code yang ada untuk membuka informasi yang dituju.

Pada kasus Windows Store ini, memindai QR Code tentunya lebih mudah karena terkadang tidak semua aplikasi terindex di Windows Store terlebih jika aplikasi tersebut baru dirilis. Maka metode memindah QR Code ini menjadi pilihan yang efisien.

Agar lebih mempermudah lagi, kamu dapat menampilkan QR Code secara otomatis pada halaman aplikasi di Windows Store dengan cara mendownload ekstensi ‘Windows Phone Store QR‘ untuk Google Chrome. Bagaimana cara menginstal serta menggunakannya? berikut saya berikan langkah-langkahnya.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan dan Mematikan Animasi Minimize dan Maximize Window di Windows 7

Pertama buka Browser Google Chrome lalu kunjungi halaman ini untuk mendownload aplikasi ‘Windows Phone Store QR‘. Klik ‘Add to chrome‘ untuk menginstallnya dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah terinstall, kunjungi web Windows Store lalu carilah aplikasi yang ingin kamu download. Misalkan saja saya ingin mendownload aplikasi WinPoin. Maka secara otomatis QR Code akan muncul pada bagian bawah nama aplikasi.

Ketika sudah mengetahui QR Codenya, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pemindai/scan pada QR Code tersebut. Caranya untuk pengguna Windows Phone 8 dan Windows Phone 8.1 bisa melihat tutorialnya disini. Dan untuk pengguna Windows 10 Mobile, kamu membutuhkan aplikasi bantuan seperti QR Code Scanner.

Bagaimana Dengan Browser Lain Seperti Firefox, Opera, Safari, dll?

Jika kamu pengguna browser selain Google Chrome seperti Firefox ataupun Opera. Sepertinya kamu tidak bisa menggunakan ekstensi ini. Pasalnya sang developer, George Schizas, mengatakan tentang hal tersebut melalui Reddit.

“Before asking for a Firefox extension (or a Safari extension, or an Opera extension), know that I had made a Firefox extension, but Mozilla rejected it, after pondering about it for a very long time, so I’m not eager to repeat that experience.”

Yang berarti untuk saat ini ekstensi tersebut tidak tersedia untuk Firefox, Opera dan Safari melainkan hanya tersedia untuk Browser Google Chrome saja. That’s it!

Baca juga:  #wpdev Aplikasi dari Microsoft Untuk Mempermudah Developer

Source Reddit; via Windows Central

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.