Cara Mendapatkan Kembali Klasik Paint di Windows 10 Creators Update

Cara Mendapatkan Kembali Klasik Paint di Windows 10 Creators Update

0

Semejak dirilisnya Build 14971, Microsoft akhirnya ‘membunuh’ aplikasi legendaris yaitu Microsoft Paint dan digantikan dengan Modern Paint yang lebih kaya akan fitur seperti support 3D. Microsoft Paint sendiri telah ada semenjak sistem operasi Windows 1.0 pada tahun 1985.

Sebagian dari kamu tentu agak sendikit kecewa dengan keputusan ini. Saya sendiripun juga demikian, karena saya biasa menggunakan Win32 Paint untuk melakukan editor sederhana secara cepat. Mungkin kamu juga demikian?

Nah jika kamu merasakan hal yang sama dan belum ingin move-on dari mantan, WinPoin akan memberikan kamu cara untuk mengembalikan Paint yang lama.

Klasik Paint di Windows 10 Creators Update

Cara Pertama, secara teknis aplikasi 3D Paint ini adalah bawaan/pre-installed dari Build Windows 10 Creators Update. Tetapi semenjak Microsoft memberikan kemudahan untuk menghapus aplikasi bawaan pada Creators Update, maka 3D Paint ini bisa dihapus.

Buka Settings lalu navigasilah ke System – Apps & features. Kemdian scroll kebawah hingga kamu menemukan 3D Paint, lalu uninstall aplikasi tersebut. Dengan begitu maka opsi akan berubah kembali ke Paint lama.

cara-mendapatkan-kembali-klasik-paint-di-windows-10-creators-update-1

Cara Kedua, kamu juga bisa menggunakan tweak untuk memunculkannya. Buka Regedit, lalu navigasilah ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets\Paint. Pada folder Paint, klik kanan lalu pilih New key lalu beri nama Settings.

cara-mendapatkan-kembali-klasik-paint-di-windows-10-creators-update-2

Kemudian pada folder Settings, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-Bit) dan beri nama DisableModernPaintBootstrap. Terakhir berikan valuenya 1.

cara-mendapatkan-kembali-klasik-paint-di-windows-10-creators-update-3

Atau jika tidak ingin repot-repot membuka regedit, kamu bisa ketik ini di Command Prompt as Admin.

reg add "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets\Paint\Settings" /v DisableModernPaintBootstrap /t REG_DWORD /d 1

cara-mendapatkan-kembali-klasik-paint-di-windows-10-creators-update-4

Ketika berhasil, maka klasik Paint bisa kembali muncul.

cara-mendapatkan-kembali-klasik-paint-di-windows-10-creators-update-5

Tetapi perlu kamu ketahui, cara ini tidak akan bertahan selamanya. Kedepannya Microsoft mungkin akan menutup cara 2 cara diatas secara permanent.

Tapi sampai hal tersebut terjadi, setidaknya sekarang kamu masih bisa menggunakan Win32 Paint ;)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.