Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Shake Pada Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Shake Pada Windows 10

0

fituraeroshake_1

Windows 10 menawarkan banyak sekali fitur yang membuat user experience ketika menggunakan sistem operasi ini terasa lebih maksimal. Salah satunya dengan adanya fitur “Aero Shake“.

Sebelumnya bagi kamu yang tidak tahu apa itu Aero Shake. Aero Shake adalah salah satu fitur Microsoft yang dirilis semenjak era Windows 7. Dengan fitur ini maka kamu dapat minimize semua jendela yang aktif kecuali satu yang kamu inginkan dengan cara melakukan sedikit gerakan mengoyangkan/shake pada jendela yang ingin kamu tetap pertahankan untuk aktif.

Dengan adanya fitur ini, pengguna device yang berbasis touchscreen juga bisa lebih efisien jika tidak ingin repot-repot minimize semua jendela yang aktif satu per satu.

Baca juga:  Game "Oxenfree" Akan Segera Hadir di Windows 10 Store

Enable or Disable Aero Shake

Secara default fitur ini juga dapat langsung digunakan pada Windows 10. Tetapi jika kamu belum bisa melakukan mouse gesture untuk menjalankan Aero Shake ini. Maka kamu harus mengaktifkannya secara manual.

Caranya buka kotak RUN (WinKey + R), lalu ketikan “gpedit.msc” untuk membuka jendela Local Group Policy Editor.

fituraeroshake_2

Setelah itu navigasilah ke ‘User Configuration – Administrative Templates – Desktop‘, lalu pada sisi kanan layar cari konfigurasi yang bernama “Turn off Aero Shake window minimizing mouse gesture“.

fituraeroshake_3

Klik 2x pada konfigurasi tersebut. Kemudian, untuk mengaktifkan fitur Aero Shake kamu dapat memilih settingan “Not Configure” ataupun “Disabled“. Sedangkan jika ingin mematikan fitur tersebut pastikan kamu memilih settingan “Enabled“. Setelah itu klik OK dan tutup jendela Local Group Policy Editor untuk menyimpan perubahan.

Baca juga:  7 Cara merawat Hardisk Internal maupun Eksternal

fituraeroshake_4

That’s It! 😎

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.