Cara Mengamankan Data Penting Dalam Hardisk

Cara Mengamankan Data Penting Dalam Hardisk

0

Gambar perumpamaan menyelamatkan data HDD

Kita pasti sering memasukkan dan mengeluarkan data dari hardisk entah itu dari aktivitas browsing internet, menggunakan aplikasi perkantoran, menggunakan aplikasi untuk produktif, dan lain sebagainya. Namun terkadang kita lupa untuk membuat data cadangan jika sewaktu-waktu data penting kita tersebut hilang.

Disini saya merangkum bagaimana cara mengamankan data-data penting dalam hardisk agar nantinya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merecover atau mengembalikan data-data yang hilang tersebut.

Cara 1: Jika kamu mempunyai hardisk eksternal atau flashdisk, kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk menyalin data-data penting dalam hardisk. Namun bagi kamu yang menggunakan flashdisk sebaiknya kamu menggunakannya secara khusus untuk keperluan backup saja karena flashdisk memiliki umur yang lebih pendek daripada hardisk eksternal.

Cara 2: Gunakan System Restore jika ingin menginstall software yang rentan bagi OS. Menginstall software semacam itu memang tidak dianjurkan tetapi terkadang ada saja yang nekat untuk melakukannya sehingga jika terjadi kerusakan yang cukup serius, pengguna tersebut tidak dapat mengatasinya dan terpaksa melakukan install ulang hingga data-data menjadi hilang.

Cara 3: Gunakan fitur Backup & Restore. Data-data kamu akan terjamin selama file backup ini tidak hilang. Backup dengan menggunakan System Image merupakan cara jitu untuk mengatasi kehilangan data, namun ukuran file backupnya yang besar seringkali membuat seseorang berpikir-pikir ketika akan menggunakan fitur ini.

Cara 4: Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Comodo Time Machine (aplikasi gratis yang memiliki fitur seperti System Restore) ataupun aplikasi sejenisnya. Namun ada salah satu kekurangan pada aplikasi tersebut karena saya juga pernah mengalaminya yaitu terkadang aplikasi tersebut membuat hardisk kita cepat penuh dan bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Cara 5: Gunakan Antivirus baik itu gratis ataupun berbayar dan usahakan bukan bajakan. Antivirus berperan serta dalam menjaga data penting di hardisk agar aman dari kerusakan yang diakibatkan oleh virus. Jadi pastikan kamu rajin melakukan update agar komputer dan data kamu aman dari serangan virus. Kamu bisa menggunakan antivirus gratis bawaan Windows yaitu Microsoft Security Essentials atau Windows Defender.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan data penting dalam hardisk. Dengan cara tersebut kamu akan terhindar dari kerusakan dan kehilangan data penting yang kamu miliki.

My Quote : “Data penting dalam hardisk tak ternilai harganya daripada harga membeli hardisk baru”

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.