Cara Mengembalikan Classic Alt+Tab pada Windows 10

Cara Mengembalikan Classic Alt+Tab pada Windows 10

0

mengembalikanclassicaltab_1

Disamping Microsoft memberikan fitur Task View (WinKey + TAB) untuk berpindah dari jendela satu ke jendela aktif lainnya. Kamu masih bisa menggunakan cara old school dengan menggunakan kombinasi tombol ALT+TAB untuk berpindah window seperti pada Windows sebelumnya, meskipun tampilannya lebih modern seiring mengikuti perkembangan Windows 10 itu sendiri.

Tergantung dari berapa banyaknya jendela yang terbuka, ukuran ALT+TAB modern Windows 10 akan menjadi lebih besar karena dengan adanya Preview window. Tidak sedikit pengguna yang tidak begitu suka dengan hal ini, dan lebih ingin menggunakan tampilan yang lebih sederhana. Dan untungnya, masih terdapat cara untuk mendapatkan Classic ALT+TAB seperti ada Windows sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga:  WhatsApp-an di Windows 10 PC dengan WhosDown (Review)

Pertama buka Windows RUN (WinKey + R) lalu ketikan regedit.

mengembalikanclassicaltab_4

Setelah itu navigasilah ke ‘HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer‘. Pada key tersebut, buat file reg type DWORD dengan cara klik kanan ‘New – DWORD (32-bit) Value‘ lalu beri nama AltTabSettings.

Kemudian pada DWORD tersebut, klik 2x lalu ganti valuenya menjadi ‘1‘. Lalu klik OK dan tutup jendela Registry dan restart Windows Explorer melalui Task Manager.

Hasilnya maka ketika berpindah window menggunakan ALT+TAB. Tampilan akan menjadi lebih sederhana tanpa adanya Preview window, meskipun terlihat jadul.

mengembalikanclassicaltab_9

Untuk mengembalikannya kembali, kamu cukup menghapus DWORD AltTabSettings tersebut atau dengan menggunakan perintah ini pada Command Prompt as Admin dan restart Windows Explorer kembali.

reg delete HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer /v AltTabSettings /f

mengembalikanclassicaltab_10

Perlu kamu ketahui, trik ini sama sekali tidak mempengaruhi fitur Task View. Jadi setelah melakukan trik ini, kamu masih bisa menggunakan fitur Task View. That’s it mblo! 😂

Baca juga:  4 Tips Agar Laptop Tuamu Optimal di Tahun 2017
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.