Cara Mengetahui Secara Lengkap Penggunaan Baterai Pada Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak...

Cara Mengetahui Secara Lengkap Penggunaan Baterai Pada Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak ke-3

0

reportbatraiwindows10_1

Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur pada Windows 10 baik itu pada Laptop, Tablet ataupun Phone adalah ketahanan baterainya. Simplenya, ketika ingin mengetahui berapa sisa baterai yang ada cukup dengan klik icon batrai pada taskbar.

reportbatraiwindows10_2

Namun sayangnya, tidak ada report baterai secara mendetail. Mungkin lain ceritanya jika kamu menggunakan aplikasi pihak ke-3, tetapi ada sedikit trik untuk mengetahuinya tanpa perlu menginstall aplikasi apapun dan trik ini tidak hanya untuk Windows 10 saja, karena trik ini sudah ada sejak era Windows XP SP2. Jadi bagi kamu yang baru mengetahuinya, keep reading!

Pertama buka Command prompt as Admin, lalu ketikan perintah berikut.

powercfg /batteryreport /output %USERPROFILE%\Desktop\battery_report.html

reportbatraiwindows10_3

Dari perintah tersebut, maka akan muncul file .html yang berlokasi pada desktop. Buka file tersebut dengan Browser yang kamu miliki entah itu Edge, Firefox, Chrome, dsb.

Baca juga:  Apple: Kami Tidak Akan Membuat Hybrid Karena Bakal Mengacaukan User Experience!

Ketika file tersebut dibuka, maka akan muncul report lengkap mengenai batrai device yang kamu miliki yang terbagi dalam beberapa subselection, diantaranya.

  • Info Hardware : Menampilkan info device yang digunakan seperti nama device, manufactur device, OS yang digunakan, platform, dsb.
  • Installed Batteries : Menampilkan info tentang baterai yang terpasang pada device tersebut. seperti nama, manufactur device, kapasitas batrai, dsb.
  • Recent Usage : Menampilkan serangkaikan daftar penggunaan baterai. Mulai dari waktu, state, source dan capacity remain. Intinya subselection ini menampilkan report ketika device dalam keadaan digunakan ataupun mati, saat menggunakan chargering serta kapasitas mWh (Mega Watt Hour).
  • Usage History dan Battery capacity history : Menampilkan history penggunaan baterai baik pada saat di charge maupun tidak.
  • Battery life estimates : Menampilkan perkiraan berapa lama baterai akan hidup. Serta menampilkan berapa lama baterai tersebut akan mati berdasarkan OS yang terinstall. Hal ini menjadi menarik karena kita dapat mengetahui berapa lama baterai akan habis dengan OS yang kita pakai.
Baca juga:  Cara Cepat Menambah Opsi Baru Pada Menu Send To di Windows 7

Perlu diketahui kamu mungkin harus melakukan kalibrasi baterai terlebih dahulu agar mendapatkan hasil report yang akurat. (Baca Juga : Kalibrasi Baterai. Perlukah?)

That’s it! 😎

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.