Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

5

Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

Baru saja kemarin kita membahas tentang pengertian, fungsi dan cara kerja BIOS. Komputer tidak akan bekerja jika tidak ada BIOS, karena ia memiliki fungsi yang menghubungkan sistem operasi dengan hardware. Kalau kamu ingin mengetahui versi BIOS, berikut ini WinPoin akan memberikan tutorial cara mengecek versi BIOS saat ini di Windows 7 / Windows 8 / Windows 8.1. (Baca: #WinExplain: Inilah Pengertian BIOS dan Bagaimana Cara Kerja BIOS)

WinPoin memberikan tutorial cara mengetahui versi BIOS tanpa harus memasuki BIOS. Caranya dengan menggunakan Windows Registry, perintah WMI, tools System Information atau DirectX Diagnostic Tool. BIOS sendiri adalah singkatan dari Basic Input / Output System dan merupakan jenis firmware yang hadir secara built-in di hardware, digunakan untuk proses booting komputer.

Mengapa kamu harus mengetahui versi BIOS?? Jika saja kamu ingin update BIOS, kamu terlebih dahulu harus mengetahui versi BIOS yang saat ini kamu gunakan. Jika kamu sudah mengetahui versi BIOS saat ini, kamu dapat dengan mudah menemukan versi BIOS terbaru dari situs manufacture motherboard kamu. Kalau kamu bertanya mengapa harus mengupdate BIOS, jawabannya adalah ketika komputer kamu tidak bisa mendeteksi hardware baru, bisa jadi BIOS tidak mendukung hardware tersebut.

 

1# – Menggunakan Perintah WMI

Kamu bisa menggunakan Windows Management Instrumentation untuk menemukan detail dari BIOS. Untuk melakukannya, kamu bisa membuka command prompt dan ketikkan perintah di bawah ini. (Baca: WMIC: Command Line Tool Terbaik yang Jarang Diketahui)

wmic bios get biosversion

Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

 

2# – Menggunakan System Information

Tools System Information atau MSINFO32 yang hadir secara built-in di Windows juga bisa menampilkan versi BIOS. Untuk membuka tools ini, buka Windows Run dan ketikkan msinfo32 dan tekan Enter.

Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

 

3# – Menggunakan Windows Registry Editor

Ketika Windows di-load, ia akan menyimpan infromasi BIOS dan informasi lain di registry yang berada di:

HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System

Dari sini kamu bisa melihat informasi versi, tanggal, tanggal video dan versi video BIOS. Untuk melihat versi BIOS dan lihat di key SystemBiosVersion.

Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

 

4# – Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

DirectX Diagnostic Tool atau yang lebih dikenal dengan DXDiag pada dasarnya untuk membantu kamu mengatasi permasalahan DirectX. Tapi ketika kamu menjalankannya, ia juga menampilkan versi BIOS di tab System.

Cara Mengetahui Versi BIOS Tanpa Memasuki BIOS

 

Tentu saja untuk mengetahui versi BIOS tidak hanya dengan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan software pihak ketiga dari system information seperti CPU-Z untuk melihat versi BIOS.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • ZAY

    T.T Version 1.0.0.0

    • tanggal berapa om? saya 2009 :v mau update kok takut ya wkwkwkwk

      • Ivan Agustian

        sedikit banyak performa meningkat kalo update bios mas, cuma riskan.

  • ZAY
  • Sip