3 Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

3 Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

1

Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

Apakah kamu ingin mengetik bahasa Arab atau Cina untuk PR? Atau kamu ingin membuat simbol mata uang Euro atau Yen? Sebenarnya untuk membuatnya kamu hanya memerlukan karakter unik di Windows, sedikit tips yang rumit maka kamu akan berhasil melakukannya.

Untungnya Windows sudah menyediakan karakter unik secara built-in dan untuk mengeluarkannya butuh beberapa cara. Beberapa cara memang terlihat rumit, tapi ketika kamu sudah terbiasa mengakses mereka maka kamu akan cepat mengeluarkannya. Berikut ini WinPoin berikan tutorial cara mengeluarkan karakter unik dan cara mengetik bahasa asing di Windows.

 

ASCII atau Unicode Code

ASCII code adalah cara termudah untuk mengetik karakter unik, meskipun kamu harus bersusah payah untuk menghafalkan kombinasi. Yang perlu kamu lakukan untuk mengetik karakter unik di Windows dengan metode ini adalah menekan ALT dan tekan tombol angka yang sesuai dengan karakter yang diingkan. Misalnya, tekan ALT dan masukan 0162 (unicode), kamu akan mendapatkan hasil seperti ini ¢.

Untuk menghasilkan karakter unik yang tepat melalui ASCII atau Unicode, kamu memerlukan kombinasi angka yang tepat. Ada berbagai situs yang menyediakan daftar kode ini, misalnya saja situs ini yang didedikasikan untuk Alt ASCII Codes. Jika kamu hanya menggunakan beberapa karakter unik untuk kebutuhan sehari-hari, mungkin kamu bisa menghafalnya dengan mudah.

Tapi bagaimana jika kamu menggunakan karakter unik yang berbeda-beda setiap harinya, tentu akan sulit menghafalkan kombinasi angka tersebut. Atau jika kamu hanya membutuhkannya untuk sesaat dan banyak menggunakan karakter unik yang sama, kamu bisa menggunakan trik Find and Replace yang tersedia untuk aplikasi writer seperti Word dan Notepad. (Baca: Cara Mengatur Waktu Auto Save Microsoft Word 2013)

Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu mengganti karakter unik sementara dengan kata-kata random. Misal kamu ingin membuat simbol kurang sama dengan, kamu bisa menggunakan kata sementara kurang sama dengan. Buka Find and Replace, ketikkan kata kurang sama dengan pada Find dan karakter unik ≥ pada Replace maka secara ajaib kamu akan menyelesaikan tugas kamu.

 

Insert Symbol di Microsoft Word

Jika kamu kesulitan menggunakan cara di atas dan ingin menggunakan cara yang lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan Insert Symbol di Microsoft Word. Untuk melakukannya cukup klik Insert di menu ribbon, klik Symbol dan pilih Moder Symbol dari menu dropdown.

Kemudian kamu akan mendapatkan window yang berisi banyak karakter unik seperti pada gambar di atas, dengan menu Subset kamu bisa memilih karakter yand dibutuhkan. Selain itu ketika kamu memilih simbol, kamu juga akan mendapatkan shortcut kode karakter.

Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

Jika ingin mengatur shortcut karakter unik kamu sendiri, kamu bisa mengklik shortcut key dan isi dengan shortcut baru, tapi ini bekerja untuk Microsoft Word saja. Jika kamu ingin menggunakannya di semua tempat, kamu harus menggunakan bantuan dari aplikasi lain. Windows memiliki aplikasi ini, namanya adalah Character Map. Memungkinkan kamu untuk membuat shortcut sendiri untuk karakter unik yang kamu inginkan. Tapi cara ini lebih sulit dibandingkan dengan Microsoft Word, tapi kalau kamu sering menggunakan karakter unik ini, akan memudahkan kamu. (Baca: Cara Membuat Font Sendiri Menggunakan Private Character Editor)

 

Ganti Bahasa yang Kamu Gunakan

Kalau kamu sudah ahli dan mengerti dalam menggunakan karakter unik, sekarang saatnya kamu belajar bagaimana menggunakan tulisan China atau Arab yang memerlukan karakter unik berbeda dari biasanya. Cara termudah untuk mengetik bahasa Arab atau China di Windows adalah dengan mengganti bahasa dan layout keyboard. Kamu harus menggunakan banyak alfabet yang berbeda dari biasanya, kamu bisa menggunakan toolbar language untuk membuatnya lebih mudah ketika ingin kembali ke alfabet biasa. (Baca: Cara Install dan Uninstall Bahasa di Windows 7)

Untuk mengganti bahasa dan layout keyboard, kamu bisa membuka Control Panel dan klik Add a language. Kemudian klik Add a language, download bahasa dan layout keyboard sesuai dengan bahasa yang ingin kamu ketik.

Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

Setelah itu kamu hanya perlu ke toolbar language yang letaknya di pojok kanan, pilih bahasa yang baru saja kamu download dan install. Dari sini kamu juga bisa mengganti bahasa dan keyboard layout ke pengaturan sebelumnya.

Cara Mengetik Bahasa Arab, Cina atau Karakter Unik di Windows

 

Ada Cara yang Lebih Baik??

Itulah tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetik bahasa Arab, China, Korea atau karakter unik di Windows. Masih banyak berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk menuliskan karakter unik di Windows. Tapi ketiga cara di atas adalah cara yang paling mudah, dan tidak membutuhkan banyak langkah. Secara default Windows sudah menyediakannya, kita hanya perlu menggunakannya saja.

Kalau kamu memiliki cara yang lebih mudah untuk mengetik bahasa Korea, Arab, China atau karakter unik di Windows. Kamu bisa berbagi melalui kolom komentar yang telah di sediakan di bawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.