Cara Mengganti Nama Sistem Operasi pada Boot Menu di Windows 10

Cara Mengganti Nama Sistem Operasi pada Boot Menu di Windows 10

0

menggantinamabootos_0

Ketika kamu menginstall lebih dari 1 sistem operasi pada suatu laptop atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘Dualboot‘, akan muncul boot options ketika sistem pertama kali dihidupkan. Tetapi sayangnya opsi tersebut hanya sebatas nama dari versi Windows yang digunakan.

Misalnya pada kasus saya, menginstal 2 OS Windows 10 dengan edisi yang berbeda yakni Professional dan Enterprise LTSB pada boot options hanya memunculkan tulisan ‘Windows 10’ untuk kedua ospi tersebut (Seperti pada gambar diatas). Ini tentunya dapat memunculkan sedikit kebingungan karena tidak tahu edisi apa yang akan kita jalankan, lain ceritanya jika menginstal versi Windows yang berbeda mungkin kita masih bisa mengetahuinya. Karena itu nah, kali ini saya akan memberikan cara untuk mengganti nama OS pada boot menu di Windows 10.

Baca juga:  Cara Install Windows 10 Preview di VMware (Beserta Gambar)

Pertama buka Command prompt as Administrator, setelah terbuka ketikan perintah berikut.

bcdedit

menggantinamabootos_5

Selanjutnya pilih mana yang ingin kamu ganti nama bootnya. Pastikan kamu memilihnya dengan benar dengan cara memperhatikan pada bagian ‘device‘ dan ‘osdevice‘ samakan dengan partisi yang ada pada Explorer. Jika sudah pastikan kamu mencopy/catat pada bagian ‘idenfitier‘ Guid. Dan perlu diingat setiap GUID akan berbeda-beda jadi pastikan kamu mengcopynya dengan benar, disini nomor GUID saya adalah {ec201b66-c21b-11e5-b28a-875e9a9828d4}.

menggantinamabootos_2Setelah mendapatkan GUIDnya, ketikan perintah berikut.

bcdedit /set {GUID kamu} description "Nama baru OS"

Ganti pada bagian ‘GUID kamu’ dengan GUID yang kamu copy sebelumnya dan “Nama baru OS” dengan Nama OS yang kamu inginkan, sebagai contoh saya disini ingin menggantinya dengan nama “Windows 10 Professional” maka perintah yang diketikan adalah.

bcdedit /set {ec201b66-c21b-11e5-b28a-875e9a9828d4} description "Windows 10 Professional"

menggantinamabootos_3

Maka dengan begitu nama pada boot options akan berubah menjadi “Windows 10 Professional“, untuk memastikannya kamu dapat menjalankan kembali perintah “bcdedit” lalu lihat pada bagian ‘description‘.

Baca juga:  Cara Menggunakan Aplikasi Music+Video Hub di Windows Phone 8

menggantinamabootos_4Atau kamu juga dapat langsung reboot system untuk melihat perubahannya pada boot options.

menggantinamabootos_1
Nah itu dia cara untuk mengubah nama OS di boot menu pada Windows 10, stay tuned ya di WinPoin untuk tutorial Windows 10 lainnya ;)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.