Cara Menghindar dari Software Sampah Saat Menginstall Software Gratis

Cara Menghindar dari Software Sampah Saat Menginstall Software Gratis

5

Cara Menghindar dari Software Sampah dari Ketika Menginstall Software Gratis

Ketika kamu mendownload software gratis mungkin kamu akan banyak melihat tombol Download sehingga kemungkinan besar kamu akan mengklik dan mendownload file yang salah. Dari banyaknya tombol Download yang merupakan iklan tadi pasti ada satu tombol download yang menuju file software yang benar dan yang kamu inginkan. Penting untuk kamu untuk mengetahui dan menganalisa, link download dari software yang ingin kamu download. Supaya kamu tidak menginstall software-software sampah yang tidak berguna buat kamu.

Seorang geek pasti dapat melewati semua link download palsu yang berupa iklan dan menemukan link download asli dari file yang ia cari. Tetapi tidak semua orang tahu, mana link yang benar-benar link untuk mendownload software gratis tersebut. Banyak orang salah mengklik sehingga mendownload software sampah atau mengklik iklan. Berikut WinPoin memberikan sedikit tips.

 

Link Download Palsu

Cara Menghindar dari Software Sampah dari Ketika Menginstall Software Gratis

Ketika kamu mendownload software gratis, mungkin yang banyak kamu temui adalah link download palsu yang merupakan iklan atau software sampah. Terutama link yang memiliki bentuk tombol bewarna yang cerah dan besar, kamu harus waspada ketika menemukan hal seperti ini. Itu adalah trik pengiklan yang mengecoh kamu dan membuat kamu mendownload software lain. Berhatilah dengan iklan yang seperti itu, inilah adalah langkah pertama agar komputer kamu selamat dari software sampah.

Untuk lebih mengetahui apakah link download tersebut palsu atau tidak, kamu bisa mengarahkan mouse tanpa mengklik pada tombol download tersebut. Setelah itu kamu akan melihat munculnya link di pojok kanan atau kiri bawah pada browser yang kamu gunakan. Jika link sama dengan situs atau web dengan yang kamu buka maka link tersebut benar, tetapi kalau tidak sama mungkin itu link palsu.

Cara Menghindar dari Software Sampah dari Ketika Menginstall Software Gratis

 

Permintaan Install Software Lain dari Perusahaan

Ketika kamu menginstall software populer, biasanya perusahaan tersebut menyertakan software lain saat kamu mendownload software populer tersebut. Contohnya saja saat kamu akan mendownload Adobe Flash Player, dari situs Adobe kamu diberikan permintaan untuk menginstall McAfee Security Scan Plus juga. Untuk menghindarinya kamu harus menghilangkan tanda centang dari permintaan tersebut barulah kamu bisa bebas. Karena itulah kamu harus berhati-hati dan bacalah terlebih dahulu sebelum mendownload software yang ingin kamu install.

Cara Menghindar dari Software Sampah dari Ketika Menginstall Software Gratis

 

Permintaan Install Software Lain saat Menginstall

Ini mungkin yang sering kamu alami dan tidak kamu sadari kamu menginstall software lain selain menginstall software atau browser toolbar. Jadi setelah kamu perlu awas dalam mendownload software, kamu juga perlu awas dalam menginstall software. Karena software-software yang kamu install biasanya menawarkan software lain untuk kamu install, walaupun itu di rekomendasikan oleh si pembuat software tetapi belum tentu software itu kamu butuhkan. Sebagai contoh saat kamu menginstall Java dari Oracle, kamu biasanya akan mendapatkan installasi toolbar dari Ask. Jika kamu mencentangnya maka kamu akan menginstall toolbar Ask di seluruh browser yang kamu install dan menjadikan Ask sebagai homepage. Tentu ini akan sedikit mengganggu kenyamanan kamu dalam menggunakan browser. Jadi perhatikan langkah-langkah installasi software yang kamu lakukan.

Cara Menghindar dari Software Sampah dari Ketika Menginstall Software Gratis

 

Bagaimana Jika Sudah Menginstall Software Sampah??

Mungkin kamu sudah terlanjur untuk menginstall software-software sampah atau toolbar-toolbar yang mengganggu kamu. Banyak orang yang mungkin mengalami ini, tetapi ada cara untuk mengatasinya. Beberapa software sampah biasanya sulit di uninstall dan ditemukan, tetapi kamu pasti dapat menemukannya di Control Panel pada menu Programs and Features. Jika tetap tidak menemukannya kamu bisa menggunakan CCleaner. Untuk mengubah homepage atau search default browser, kamu bisa melakukannya pada pengaturan pada masing-masing browser.

Cara Menghindar dari Software Sampah dari Ketika Menginstall Software Gratis

 

Kesimpulan

Berhati-hatilah ketika mendownload dan menginstall software, karena jika kamu tidak awas. Bisa saja kamu menginstall virus, malware atau trojan yang akan mengakibatkan komputer kamu menjadi rusak dan bahkan tidak bisa menyala kembali. Semoga tips diatas bisa membantu kamu dalam menginstall dan mendownload software gratis.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Nggak cuma pada software gratis aja kayaknya. Software berbayar juga kadang-kadang begitu.