Cara Mengubah Tampilan Windows 7 Menjadi Windows 8

Cara Mengubah Tampilan Windows 7 Menjadi Windows 8

5

mengubahtampilanwindows7ke8_0

Bagi kamu pengguna Windows 7 yang ingin mencicipi tampilan dan fitur Windows 8 tetapi tidak ingin melakukan upgrade atau install ulang, berikut ini WinPoin berikan cara mengubah tampilan Windows 7 menjadi seperti Windows 8. Dengan cara ini kamu tidak akan mendapatkan user experience yang sama persis seperti Windows 8, tetapi setidaknya kamu bisa mendapatkan Windows 7 rasa Windows 8 yang cukup nyaman untuk digunakan.

Banyak 3rd party theme Windows 8 yang bisa kamu coba, dan disini WinPoin menggunakan Windows 8 UX Pack. Jika tertarik kamu dapat mengunjungi halaman ini. Download, ekstrak, kemudian jalankan windows8uxpack.exe.

Setelah aplikasi terbuka, kamu dapat langsung mengkonfigurasi tampilan seperti tema, logon screen, desktop wallpaper dan Immersive UI agar bisa menampilkan Start Screen atau Charm Bar. Tidak ketinggalan juga beberapa fitur pada windows 8 yang bisa kamu pilih untuk diaktifkan. Setelah selesai pilih “Install” untuk memulai proses installasi tema.

mengubahtampilanwindows7ke8_1
Tunggu beberapa saat pada saat proses instalasi.

mengubahtampilanwindows7ke8_2
Setelah tema berhasil diinstall. kamu dapat mencoba tema windows 8, buka personalize untuk menggantinya.

mengubahtampilanwindows7ke8_3
Lalu berikutnya juga kamu dapat menampilkan startscreen yang mirip dengan windows 8. Sayangnya kamu tidak dapat merubah posisi dari tile tersebut seperti yang bisa dilakukan dengan bebas di Windows 8.

mengubahtampilanwindows7ke8_4
Tidak ketinggalan juga terdapat Charm Bar yang menampilkan tombol pilihan di sisi kanan layar. (Baca Juga: Cara Menggunakan Charmbar di Windows 8)

mengubahtampilanwindows7ke8_5
Dan juga pada fitur lockscreen yang gambar backgroundnya berubah sesuai pengaturan kita sebelumnya.

mengubahtampilanwindows7ke8_6

Selain dari sisi positifnya dari cara ini adalah tampilan Windows 7 bisa jadi mirip seperti Windows 8. Namun ada juga sisi negatifnya yaitu akan muncul proses yang berjalan secara background untuk menjalankan tema ini. Tentunya proses ini juga memakan sebagian dari resource memory yang ada.

mengubahtampilanwindows7ke8_7
Nah sisanya kamu dapat bereksplorasi dalam menentukan tema kamu sendiri. Satu hal terpenting sebelum kamu menggunakan Theme UX Pack ini adalah buat restore point terlebih dahulu untuk mengantisipasi jika ada error yang muncul. (Baca: Cara Membuat System Restore Point di Windows 7)

Itulah cara untuk mengubah tampilan Windows 7 menjadi Windows 8. Meskipun tidak mengubah tampilan secara keseluruhan, tetapi ini sudah cukup bisa memuaskan kamu yang ingin mencoba beberapa fitur dan tampilan di Windows 8.

Jika kamu ada permasalahan yang berhubungan dengan cara mengubah tampilan Windows 7 menjadi seperti Windows 8 ini, silahkan langsung saja bertanya di Forum Winpoin. Kita akan langsung bantu disana :)

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Rich Rich

    Apakah ada Efek samping terhadap windows 7 ??

    Cara Mempercepat Koneksi Internet

  • agus wiranto pran jaya

    lalu mengembalikannya seperti semula bagaimana?

  • Muhammad Afri

    gk pake frame work kan gan

  • Wara Lofitra

    saya sudah coba, di uninstall lagi, berat soalnya

  • bkri

    bakri