Cara Mengunci Tile pada Start Menu di Windows 10

Cara Mengunci Tile pada Start Menu di Windows 10

0

cara mengunci tile di windows 10 (1)

Salah satu daya tarik dari Windows 10 adalah Start Menu yang merupakan gabungan antara Start Menu Windows 7 dan Start Screen Windows 8.x. Dan pengguna juga diberikan kemudahan untuk memodifikasi sesuai keinginan seperti mengatur posisi, mengubah, menyematkan tile, hingga meng-uninstalnya.

Tetapi mungkin tidak hanya kamu saja yang menggunakan PC tersebut (jika PC kamu dapat digunakan lebih dari 1 pengguna). Mereka mungkin juga iseng-iseng mengubah-ubah letak ataupun ukuran dari tile yang ada tanpa izin dari kamu. Hal tersebu tentunya itu akan sangat menggangu.

Untuk Mencegah hal tersebut, kamu dapat menginstal tool kecil yang bernama Tile Locker untuk mengunci semua pengaturan personalisasi pada tile. Meskipun tool ini ditujukan untuk pengguna Windows 8.x, tetapi untungnya masih bisa bekerja pada Windows 10.

Baca juga:  Download Ebook: Panduan Menggunakan Trello untuk Project Management (dan Keperluan lainnya)

Mengunci Posisi Tile pada Start Menu

Kamu dapat mendownload tool tersebut melalui halaman ini. Extract file .exe (portable) untuk langsung menjalankan tool tersebut. Ketika jendela UAC muncul klik saja Yes.

cara mengunci tile di windows 10 (1)

Ketika tool sudah terbuka, kamu bisa langsung mengunci tile dengan cara klik opsi Enable. Setelah itu kamu diminta untuk merestart Windows Explorer untuk mendapatkan perubahannya.

cara mengunci tile di windows 10 (2)

Setelah itu coba akses kembali konteks menu pada tile. Maka opsi personalisasi tile seperti Unpin, resize, dan uninstal akan hilang. Dan tentunya juga tidak dapat memindahkan posisi dari tile tersebut.

Untuk mengembalikan seperti semula, cukup pilih opsi Disable dan restart Windows Explorer kembali. Selamat mencoba! 😉

Baca juga:  Cara Membuat Font Sendiri Menggunakan Private Character Editor

Credit to @TWC

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.