Cara Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam

Cara Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam

0

Cara Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam di Windows (1)

Meskipun sekarang kebanyakan laptop sudah build-in dengan webcam, tetapi kualitas gambar / video yang diberikan bisa dibilang masih kurang memuaskan, terlebih pada laptop entry level yang hanya menyediakan camera 720HD.

Nah pada tutorial kali ini, WinPoin akan coba memberikan kamu cara untuk membuat kamera DSLR sebagai Webcam. Opsi ini tentunya bisa menjadi pilihan ketika ingin mendapatkan hasil gambar yang memuaskan.

Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam

Pertama untuk membuat hal ini terjadi, kamu membutuhkan bantuan software yang bernama SparkoCam. Tetapi sebelumnya kamu harus memastikan apakah kamera DSLR (bisa Canon atau Nikon) kamu support dengan software ini atau tidak, caranya dengan melihat bagian bawah pada halaman ini.

Baca juga:  Melatih Kreatifitas di Windows Phone dengan Aplikasi Chalkboard

Jika support maka kamu bisa melanjutkan proses. Download SparkoCam (46.13MB), kemudian jalankan proses installasi seperti biasa. Ketika proses installasi selesai, koneksikan DSLR dengan laptop dengan menggunakan kabel USB (disarankan menggunakan kabel bawaan kamera).

Pada software SparkoCam, software akan mendeteksi secara otomatis jenis kamera yang kamu gunakan, bisa kamu lihat melalui tab Device. Pada tab tersebut, kamu bisa mengambil gambar serta mengatur pengaturan DSLR seperti ISO, exposure, metering mode, picture style, dsb.

Cara Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam di Windows (1)

Selain itu, kamu juga bisa memberikan berbagai macam efek pada tab Effects dan melihat hasil foto pada tab Gallery.

Selebihnya, kamu bisa mencoba untuk menggunakannya pada aplikasi lainnya seperti Skype. Ketika membuka Skype (yang defaultnya menggunakan build-in webcam), kamu harus menggantinya dengan cara membuka Tools (alat) – Options, lalu pada tab Pengaturan video, klik menu drop down lalu pilih SparkoCam Virtual WebCam.

Baca juga:  Gratis: Download Ebook untuk IT Profesional Senilai 417 ribu (Terbatas!)

Cara Menjadikan Kamera DSLR sebagai Webcam di Windows (2)

That’s it!, ohh ya perlu kamu ketahui bahwa, meskipun free version bekerja dengan baik, tetapi terdapat watermark pada videonya. Untuk itu kamu bisa membeli full version dengan membayar sekitar $30 (Rp. 392.000) untuk menghilangkan watermark tersebut.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.