Cara Mudah Backup Driver Tanpa Software Tambahan di Windows 10

Cara Mudah Backup Driver Tanpa Software Tambahan di Windows 10

0

cara mudah backup driver tanpa software tambahan (1)

Dalam beberapa alasan, kebanyakan orang mempertimbangkan masalah pada driver ketika ingin menjalankan opsi instal ulang. Dengan alasan seperti susah mencarinya kembali, tidak tersedianya driver di situs vendor, dsb.

Memang driver merupakan hal penting dalam sistem operasi, karena jika driver tidak terinstal maka akan ada beberapa fungsi yang tidak berjalan dengan baik seperti speaker, networking, display, dsb.

Jika benar begitu, maka opsi backup merupakan solusi yang praktis untuk menangani masalah tersebut. Tidak perlu repot-repot menggunakan software tambahan, kamu bisa menggunakan Command Prompt (dengan menggunakan ultility DISM) untuk melakukannya. Berikut saya berikan langkah-langkahnya.

Mudah Backup Driver Tanpa Software Tambahan

Pertama buka Command Prompt as Administrator. Kemudian ketikan perintah dibawah ini.

DISM /Online /Export-Driver /Destination:F:\BackupDriver

Kamu dapat mengganti path ‘F:\BackupDriver’ dengan destinasi path yang kamu inginkan. Dimana lokasi tersebut nantinya akan menyimpan seluruh driver yang kamu miliki. Berikut hasil output dari perintah diatas.

Baca juga:  Cara Mengkonfigurasi "Active Hours" Agar Windows 10 Tidak Reboot Update Semaunya Sendiri

cara mudah backup driver tanpa software tambahan (2)

Dengan begitu maka kamu telah berhasil membackup driver ke destinasi path yang tadi dimasukan.

cara mudah backup driver tanpa software tambahan (3)

Selanjutnya kamu dapat melakukan proses instal ulang seperti biasa. Dan nantinya jika kamu ingin mengembalikan driver tersebut, ketikan perintah ini untuk merestorenya.

DISM /Online /Add-Driver /Driver:F:\BackupDriver /Recurse

Sekali lagi, pastikan kamu memasukan path sesuai dengan path direktori yang kamu miliki. Oya, tidak hanya di Windows 10, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk pengguna Windows 8 dan 8.1. Selamat mencoba! 😉

Thanks to TechNet 1, TechNet 2

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.