Cara Sign-in di Windows 10 Menggunakan PIN dan Password Gambar – Tips...

Cara Sign-in di Windows 10 Menggunakan PIN dan Password Gambar – Tips #26

17

LOGSCREEN1

Kebanyakan dari kamu pasti menggunakan password bawaan email a.k.a Microsoft Account untuk login ke Windows 10. Namun bagaimana jadinya kalau teman kamu meminjam komputer pribadi kamu? Apakah memberi tahu password tersebut merupakan hal yang bijak?

Disini WinPoin akan memberikan solusi agar Windows Account kamu tetap aman, tetapi kalau ada teman yang pinjam kamu tidak harus memberikan password email kepadanya. Solusi terbaiknya yaitu dengan menambahkan metode sign-in menggunakan PIN ataupun Password Gambar.

Cara ini bisa juga digunakan untuk menghidari teman yang usil mengubah password tanpa sepengetahuan kamu (ini baru namanya temen yg nambah2in kerjaan aja), jadi  kamu punya 2 metode sign-in yang berbeda untuk masuk ke akun Windows kamu.

Untuk menambahkan metode password ini kamu tidak perlu mendownload aplikasi atau membuat tweak yang rumit karena semua opsinya sudah disediakan Windows 10. Jadi langsung saja simak caranya berikut ini:

 

Menambahkan Password PIN

Untuk membuat Password PIN kamu harus terhubung ke internet, karena nantinya akan tersinkronasi dengan akun microsoft kamu. Tapi internet hanya dibutuhkan waktu membuatnya saja kok, untuk waktu sign-in tidak harus terhubung internet.

Pertama tekan tombol Win+I -> Account -> Sign-In Option , Klik tombol Add pada menu PIN lalu masukan password akun Microsoft kamu , kemudian masukan nomor PIN yang ingin kamu jadikan password nantinya, selesai klik OK.

set1

Menggunakan Password Gambar

Kalau umumnya password adalah kombinasi karakter yang diketik, kini dengan password gambar kamu bisa menggantinya dengan bentuk bulat, garis, atau sekedar beberapa titik pada gambar.

Caranya sama seperti menggunakan PIN Password, tekan Tombol WIN+I -> Account -> Sign-In Option, scroll sedikit ke bawah klik Add pada menu Picture Password .

Kemudian masukan password primer Microsoft Account kamu, klik tombol Choose Picture lalu pilih gambar yang kamu sukai. Sedikit saran sebaiknya menggunakan gambar yang kamu sudah akrab betul seperti foto bersama teman atau pacar yang mudah diingat.

Klik tombol Use Picture kalau kamu sudah yakin menggunakan gambar tersebut. Setelah itu buatlah gesture 3 kali pada gambar yang kamu pilih, bisa berupa garis, bentuk bulat, maupun sekedar titik pada gambar tersebut. Lalu ulangi lagi untuk memastikan letak gesture yang kamu buat, klik Finish untuk selesai .

Screenshot-(85)

Dengan adanya 3 metode sign-in ini pastinya kamu tidak lagi perlu takut lupa password, atau kikuk ketika teman kamu meminjam PC dan meminta detail login. Tapi ingat jangan sampai lupa ketiganya ya! ;)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri
  • Ternyata masih ada toh password gambar…
    Dikira udh hilang

  • Aktifkan guest om, itu adalah jalan terbaik. ya kalo cuma pake pin dan masuk ke user admin sama aja. kalo ane aktifkan guest dan akun guest cuma bisa buka beberapa apps. untuk game dan folder penting gak bisa akses.

  • Windows 10 gue udh pake pin tp gue br tau ternyata caranya begini hahaha.. Bawaan dr win8.1 nya jd lgsg pake pin.

  • Angga Prasetya

    yg pin harus online ya? ane gk bisa2, balik lagi deh pake password..

    btw, min bahas mengenai isu “spy” di windows 10 dong.. kaya telemetri dan report yg dikirim diam2 ke microsoft..

    • Cuma buat settingnya aja kok , terus pas sign-in enggak .

      Ah rumor buat ngejatuhkan win10 itu bahkan sampai melebih lebihkan dari win 7

  • Pin ane sudah aktif tapi kenapa selalu balik lagi login dengan password ya ?

  • sejak dulu ane sudah pake pin :3

  • Meitro Hartanto Andalas Saputr

    Bermasalah jika tiba” koneksi internet terputus, ga bisa login pake PIN, alhasil harus cari koneksi internet dulu.
    Pengalaman saat install di laptop.

    • internet hanya dibutuhkan saat membuat pinnya, punya saya meskipun tidak ada internet, tetap bisa menggunakan pin untuk sign in :D

      • Rabbil AR

        bner tuh ane juga sign in pin
        ga ada msalah smpe skrg :D

      • Robin Zamani

        Klo aku password gambar, biar semua orang boleh pake!
        Untuk ngasih tau passwordnya udah ada di gambarnya.

        • setelah upgrade, semua jenis password alternatif seperti pin dan gambar langsung saya tambahkan :D

  • dari awal install windows 10 langsung saya langsung setting 3 cara sign + membuat login otomatis :D

  • kalo ane emang gitu om, karena ada data kantor yang sifatnya rahasia jadi harus dibatasi. ya kalo cuma komputer main2 ya monggo. ane dulu pas masih rental punya dua laptop satu umum dan satu pribadi. sekarang cuma punya satu aja harus pinter jaga file rahasia perusahaan kalo gak mau di pecat.

  • Viictor Mediian

    Yang pakai pin udah tau caranya, yang gambar itu baru tau sekarang.

  • Whyu Wa

    cara printscreen lock screen gmn tu om @ufebri:disqus

  • Gan, kalo login pake PIN kok ga mau ya… Apa harus online?